Harga rumah seken mengalami kenaikan selama tahun lalu. Ilustrasi: Shutterstock
Harga rumah seken mengalami kenaikan selama tahun lalu. Ilustrasi: Shutterstock

Kenaikan Harga Rumah Seken di Makassar Tercatat Paling Tinggi

Rizkie Fauzian • 21 Januari 2022 18:08
Jakarta: Pada awal tahun ini, sinyal positif pertumbuhan industri properti selama masa pemulihan pandemi tampak jelas. Terbukti terjadi pergerakan harga rumah seken di berbagai kota besar Tanah Air.
 
Laporan 99 Group bertajuk Flash Report edisi Desember 2021 mencatat pergerakan harga rumah seken yang mulai membaik. Tercatat kenaikan harga properti tipe rumah seken sebesar 3,7 persen.
 
Lalu, disusul dari sisi suplai sendiri, tren sama juga terjadi dengan pertumbuhan di angka 6,0 persen pada Desember 2021 dibanding Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Makassar menjadi kota di Indonesia dengan laju kenaikan harga yang paling cepat secara tahunan, yakni terekam di 11,9 persen. 
 
Indeks Flash Report Desember 2021 juga memperlihatkan enam dari 13 kota mencatatkan kenaikan secara month-on-month. Semarang mengalami kenaikan harga bulanan tercepat sebesar 2,2 persen.
 
Di area Jabodetabek secara month-on-month, harga di Depok naik 1,6 persen sedangkan harga di Tangerang dan Bogor turun 0,2 persen dan 0,6 persen berturutan. Baik harga di Jakarta maupun di Bekasi tetap sama dengan bulan sebelumnya. 
 
Secara year-on-year, dari Desember 2020 hingga December 2021, harga di Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi naik sebesar 2,1 persen, 5,6 persen, 8,2 persen, 4,5 persen, dan 3,6 persen berturutan.
 
Jumlah suplai meningkat 2,8 persen pada Desember 2021 dari November 2021, menurut Indeks Suplai Rumah Seken di 99.co dan Rumah123.com. 
 
Kemudian dari sisi permintaan rumah, lokasi paling populer adalah Tangerang, dengan persentase 13,5 persen dari total listing enquiries rumah di Indonesia pada bulan tersebut.
 
Lokasi terpopuler kedua adalah Jakarta Barat dengan pangsa pasar 11,4 persen, diikuti oleh Jakarta Selatan sebesar 10,0 persen. 
 
Secara month-on-month, kota dengan peningkatan proporsi permintaan terbesar pada Desember 2021 adalah Bandung sebesar 1,5 persen, diikuti oleh Surabaya dan Semarang dengan kenaikan masing-masing 1,1 persen.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif