Syarat mengajukan IMB untuk renovasi rumah. Foto: Shutterstock
Syarat mengajukan IMB untuk renovasi rumah. Foto: Shutterstock

Mau Renovasi Rumah?Begini Syarat dan Cara Mengurus IMB

Properti Izin Mendirikan Bangunan renovasi rumah IMB renovasi rumah Syarat pengajuan IMB renovasi rumah cara mengajukan IMB renovasi rumah
Rizkie Fauzian • 25 November 2021 08:42
Jakarta:  Saat merenovasi rumah, ada izin yang harus Anda kantongi terlebih dahulu. Sama seperti Anda membangun rumah baru, renovasi juga membutuhkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
 
IMB adalah perizinan yang dikeluarkan Pemerintah Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun, mengubah, memperluas, mengurangi, dan merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan teknis yang berlaku. 
 
Tak semua renovasi rumah memerlukan IMB, jika perbaikan yang dilakukan kurang dari 12 meter persegi maka Anda tak memerlukan IMB. Namun, bila mengubah denah Anda harus menggunakan IMB.

Persyaratan pengajuan IMB renovasi rumah

  1. Fotokopi KTP.
  2. Surat kuasa apabila penandatanganan bukan dilakukan oleh pemohon sendiri.
  3. Fotokopi pelunasan PBB tahun terakhir.
  4. Fotokopi bukti kepemilikan atas tanah yang disahkan oleh pejabat yang berwenang.
  5. Fotokopi izin pemanfaatan ruang. 
  6. Fotokopi Gambar Rencana Bangunan berikut penjelasannya, skala 1:100.
  7. Perhitungan konstruksi bagi bangunan bertingkat.
  8. Izin tetangga diketahui RT/RW (dengan meterai Rp6.000).
  9. Denah bangunan dan foto tampak bangunan dalam ukuran Postcard (khusus pemutihan).
  10. Pengantar/Rekomendasi Lurah dan Camat tentang berdirinya Bangunan.
  11. Rekomendasi Dinas/Instansi terkait.
  12. Fotokopi Akte Jual Beli.
  13. Fotokopi IMB lama sebelum renovasi.
Selain itu ada tiga formulir lagi yang harus diisi (masing-masing dengan materai Rp6.000) antara lain:
  1. Surat pernyataan kesanggupan membangun dan ketentuan BCR (Building Coverage Ratio).
  2. Surat pernyataan jaminan kelayakan dan mutu bangunan.
  3. Surat pengantar permohonan IMB.
Jangan menganggap sepele pengurusan IMB karena apabila pembangunan atau renovasi rumah tidak disertakan IMB, akan ada sanksi yang berlaku dan dinilai cukup memberatkan.

Cara mengurus IMB

Mau Renovasi Rumah?Begini Syarat dan Cara Mengurus IMB
Jika tak memiliki IMB akan terkena sanksi. Foto: MI

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah memenuhi persyaratan, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengunjungi kantor Dinas Tata Kota setempat. 
 
Anda harus menyerahkan dokumen persyaratan IMB di atas. Kemudian petugas akan pergi ke rumah Anda untuk memastikan dokumen sesuai dengan fakta di lapangan.
 
Setelah itu, Anda diminta untuk membayar ke loket jika tak ada masalah dengan dokumen. Kemudian membeli papan IMB di loket untuk ditancapkan di depan rumah yang sedang direnovasi. 
 
Biasanya IMB keluar kurang lebih dua minggu setelah pembayaran. Namun mengurus IMB untuk renovasi rumah memiliki ketentuan dan peraturan yang berbeda, termasuk soal lokasi pembuatan IMB. 
 
Beberapa daerah ada yang bisa melakukan pengurusan langsung di kecamatan, tapi beberapa daerah juga ada yang melakukan pengurusan di Dinas Tata Kota atau Unit Pelayanan Terpadu Perizinan.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif