Harga rumah di Jabodetabek naik jelang Lebaran. Foto: Shutterstok
Harga rumah di Jabodetabek naik jelang Lebaran. Foto: Shutterstok

Jelang Lebaran, Harga Rumah di Kawasan Jabodetabek Naik

Properti investasi properti properti Bisnis Properti Harga rumah Harga rumah seken
Rizkie Fauzian • 29 April 2022 18:52
Jakarta: Mendekati hari libur nasional yang bersamaan dengan Idul Fitri, tren properti di Tanah Air menunjukkan kenaikan harga rumah seken di wilayah Jabodetabek. Hal tersebut tampak di statistik yang dimuat di dalam Flash Report Rumah123.com edisi Maret 2022.
 
CEO 99 Group Indonesia Wasudewan mengatakan, perkembangan industri real estate Indonesia menjadi salah satu topik yang selalu ramai diperbincangkan. Sebagai industri penunjang perekonomian nasional, perubahan yang terjadi di dunia real estate perlu diketahui masyarakat. 
 
"Rumah123.com dan  Group 99, sebagai platform real estate di Indonesia, berkomitmen untuk selalu memberikan informasi yang paling akurat dan terpercaya mengenai dunia real estate," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harga rumah seken di Indonesia meningkat 0,5 persen pada Maret 2022, dengan jumlah suplai naik dalam tujuh bulan berturut-turut. Secara tahunan, keseluruhan harga rumah lebih tinggi 3,1 persen dibandingkan dengan Maret 2022. 
 
Sementara data Flash Report turut memperlihatkan 9 dari 13 kota dalam indeks data Rumah123.com mencatatkan kenaikan secara month-on-month. Bogor mengalami kenaikan harga bulanan tercepat sebesar 2,9 persen. 
 
Di sisi lain, 11 dari 13 kota mengalami kenaikan harga secara year-on-year, dengan kenaikan harga tahunan tercepat terjadi di Medan sebesar 8,5 persen. 
 
Di Jabodetabek, secara month-on-month, semua kota mengalami kenaikan harga. Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi mengalami kenaikan sebesar 0,1 persen, 0,7 persen, 0,2 persen 2,9 persen, dan 0,1 persen berturutan. 
 
Secara year-on-year, dari Maret 2021 hingga Maret 2022, semua kota di Jabodetabek mencatat kenaikan harga di Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor dan Bekasi harganya meningkat sebesar 1,5 persen, 5,0 persen, 3,3 persen, 2,7 persen dan 3,2 persen berturutan.
 
Untuk kota besar lainnya di Pulau Jawa, secara month-on-month, harga di Bandung dan Semarang tumbuh sebesar 0,8 persen dan 0,9 persen berturutan. Sementara harga di Surabaya dan Surakarta turun sebesar 0,5 persen dan 1,5 persen dan harga di Yogyakarta tetap sama. 
 
Secara year-on-year, harga rumah di Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Surakarta naik sebesar 4,9 persen, 0,7 persen, 4,1 persen, 3,9 persen, dan 1,5 persen berturutan dari bulan Maret 2021.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif