Sinergi dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan pertanahan di Indonesia. Foto: Shutterstock
Sinergi dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan pertanahan di Indonesia. Foto: Shutterstock

Sinergi Jadi Kunci Keberhasilan Permasalahan Tanah

Properti bpn pertanahan reforma agraria Sertifikasi Lahan
Rizkie Fauzian • 17 November 2020 22:06
Medan: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mempunyai tanggung jawab untuk penyelesaian permasalahan pertanahan. Namun penyelesaian pertanahan perlu melibatkan beberapa pihak terkait.
 
Kementerian ATR, Pemerintah Daerah, Kejaksaaan, TNI dan POLRI merupakan bagian tak terpisahkan dalam keberhasilan penanganan permasalahan pertanahan. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa sinergi adalah kunci.
 
Sekretaris Jenderal Kementerian ATR Himawan Arief Sugoto menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan unsur Forkopimda, Kejaksaaan, TNI dan POLRI yang telah mendukung Kementerian ATR pada penanganan masalah pertanahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya penanganan pertanahan namun juga pelaksanaan program strategis nasional lainnya seperti pengadaan tanah untuk kepentingan umum dan juga Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)
 
"Kita berharap sinergi ini dapat dipertahankan dan juga ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang," jelas Himawan dalam keterangan tertulis, Selasa, 17 November 2020.
 
Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumut Dadang Suhendi menyatakan berterima kasih kepada Kementerian ATR yang memberi perhatian khusus terhadap penanganan permasalahan pertanahan di Sumatra Utara.
 
"Hal ini merupakan wujud dari kerja sama dan dukungan yang konkret dari Gubernur dan Forkopimda dalam penyelenggaraan pelayanan pertanahan serta penyelesaian permasalahan dan konflik pertanahan di Sumatra Utara," ungkap Dadang.
 
Penyelesaian konflik di Sumut meliputi penyelesaian beberapa masalah besar terutama kaitannya dengan konflik penguasaan tanah HGU dan eks-HGU PTPN II oleh masyarakat.
 
(KIE)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif