Pencari properti sangat bergantung pada KPR. Ilustrasi: Shutterstock
Pencari properti sangat bergantung pada KPR. Ilustrasi: Shutterstock

Mayoritas Pencari Rumah Masih Mengandalkan KPR

Rizkie Fauzian • 22 Februari 2022 22:40
karta: Pemerintah melanjutkan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) hingga September tahun ini. Kebijakan tersebut membuat pencarian rumah naik.
 
Menurut CEO Lamudi.co.id Mart Polman, sekitar 73,8 persen pengguna platform masih memilih opsi pembelian properti melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR). 
 
"Angka ini menunjukan bahwa mayoritas pencari properti sangat bergantung kepada adanya akses terhadap pendanaan sebelum menentukan untuk pembelian properti," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 Februari 2022.
 
Menurutnya, insentif dari pemerintah yang dapat memberikan keringanan harga terhadap pembelian properti memiliki dampak yang positif. Insentif pemerintah tahun lalu tergolong cukup efektif dikarenakan angka minat pembelian properti yang mengalami peningkatan. 
 
"Dengan adanya peningkatan minat pembelian properti pada Lamudi.co.id pada tahun lalu setelah insentif PPN diberlakukan, kami optimis bahwa perpanjangan kebijakan ini dapat terus meningkatkan angka minat pembelian properti yang akan berdampak pada akselerasi pemulihan sektor properti nasional," ujarnya.
 
Tentunya yang harus ditingkatkan disini adalah sosialisasi kepada calon pembeli properti, developer harus dapat bisa memberikan komunikasi yang memadai tentang insentif PPN tersebut tersebut dan bagaimana bisa mendapatkan sumber pendanaan yang memadai.
 
Lamudi telah bermitra dengan lebih dari 400 developer dan menjalin kerja sama dengan lebih dari sepuluh bank untuk memastikan 4,5 juta pengunjung mendapatkan pilihan rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih dari 1,35 juta listing properti tersedia setiap bulannya, dan akses pendanaan yang sesuai dengan kebutuhan semua pencari properti.
 
"Kami juga tengah meningkatkan kerja sama kami dengan berbagai bank besar di tanah air agar pengguna kami dapat menentukan metode pembayaran yang sesuai," ungkap Mart.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif