Pencarian rumah meningkat jadi sinyal pertumbuhan properti. Ilustrasi: Shutterstock
Pencarian rumah meningkat jadi sinyal pertumbuhan properti. Ilustrasi: Shutterstock

Pencarian Rumah Meningkat, Sinyal Positif Pemulihan Pasar Properti

Rizkie Fauzian • 19 Januari 2022 10:59
Jakarta: Sepanjang 2021, tren pasar properti Tanah Air berhasil menunjukkan perubahan pasar ke arah positif. Pencarian properti di portal Rumah123.com dan 99.co sebanyak 270 juta dengan 46 persen di antaranya merupakan pengunjung baru. 
 
Porsi penambahan pencari properti baru ini merupakan sinyal positif akan pemulihan pasar dengan meningkatnya permintaan dari konsumen. Dari sisi demografi pencari properti tersebut, hampir 59,5 persennya adalah perempuan dan 40,5 persen laki-laki. 
 
Tren pergeseran usia konsumen juga tampak dengan dominasi pencari properti yang berasal
dari generasi Z sebanyak 19,4 persen dan milenial dengan persentase 48,7 persen. Fakta menarik ini menandai peningkatan kesadaran akan pentingnya kepemilikan properti oleh generasi muda yang terus bertumbuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan adanya tren generasi muda yang semakin aktif mencari properti, 99 Group menyesuaikan strategi pemasaran yang tepat dan efektif untuk kelompok usia ini. Harapannya tentu, para pencari properti ini dapat menemukan hunian idamannya dengan mudah dan nyaman,"jelas Deputy CEO 99 Group Indonesia dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Januari 2021.
 
Sementara itu, rumah tapak masih menjadi tipe properti yang paling diincar oleh para pencari properti, dengan persentase 84,1 persen. Pencarian rumah di bawah Rp400 juta mengalami peningkatan dari 37,9 persen di semester pertama ke 39,1 persen di semester kedua.
 
"Hal menarik adalah pencarian properti di atas Rp2 miliar ke atas mengalami peningkatan kemungkinan adanya Fasilitas Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP)," jelasnya.
 
Sementara itu, tiga wilayah yang menjadi primadona pencarian properti pada 2021 yakni Tangerang Selatan (Tangsel) Banten, Sleman Yogyakarta dan Surabaya Jawa Timur.
 
"Lokasi-lokasi mana yang menjadi primadona pencarian properti, kita melihat di sini ada Tangerang Selatan dengan kenaikan yang cukup tajam sekitar 117 persen, kemudian Sleman 42 persen dan Surabaya 38 persen," ujarnya.
 
Menurut dia, hal tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh faktor pembangunan sarana infrastruktur di ketiga wilayah itu.
 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif