Pengaruh insentif PPN dalam bisnis properti. Ilustrasi: Shutterstock
Pengaruh insentif PPN dalam bisnis properti. Ilustrasi: Shutterstock

Insentif PPN Bantu Pergerakan dan Transaksi Bisnis Residensial

Rizkie Fauzian • 10 Februari 2022 19:59
Jakarta: Pemerintah resmi melanjutkan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk properti tahun ini. Dukungan ini sangat membantu menggerakkan sektor properti, terutama residensial.
 
"Insentif ini bantalan pelindung yang di launching pemerintah sebagai dukungan performa sektor properti di masa pandemi," ujar Senior Research Advisor Knight Frank Research Syarifah Syaukat dalam diskusi virtual, Kamis, 10 Februari 2022.
 
Menurutnya, insentif ini sangat membantu untuk pergerakan sektor residensial dan transaksi di sektor hunian. Terutama karena sektor residensial didominasi oleh end user.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Mau Dapat Diskon PPN 50% Saat Beli Rumah? Begini Syaratnya
 
"Karena end user atau terus mencari produk terbaik yang sesuai dengan kondisi mereka, dengan PPN ini tentunya jadi link and match antara kebutuhan mereka dengan apa yang dibantu oleh pemerintah dalam hal ini insentif," jelasnya.
 
Syarifah menambahkan, terdapat perbedaan implikasi antara rumah tapak dengan hunian vertikal terhadap insentif PPN. Sektor rumah tapak mendapat menfaat yang lebih tinggi dari hunian vertikal atau kondominium strata.
 
"Dampak (insentif PPN) ke rumah tapak lebih tinggi dari pada kondominium strata, namun kita perlu mengkaji seberapa besar pengaruhnya," ungkapnya.

 
(KIE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif