Perbaikan rumah tak layak huni di Kalimantan. Foto: Kementerian PUPR
Perbaikan rumah tak layak huni di Kalimantan. Foto: Kementerian PUPR

1.429 Rumah di Kabupaten Kubu Raya Diperbaiki Tahun Ini

Antara • 16 Agustus 2022 16:39
Pontianak: Sebanyak 1.429 rumah tidak layak huni milik warga Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mendapatkan bantuan dalam Program Peningkatan Kualitas Rumah Secara Swakelola (PKRS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun ini.
 
"Tahun ini kita kembali mendapat kepercayaan dari Kementerian PUPR untuk menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 1.429 unit rumah kepada warga penerima," kata Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Tahun ini, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kubu Raya akan dialokasikan untuk 40 rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Bantuan ini merupakan program Kementerian PUPR melalui Dinas PUPR Kabupaten Kubu Raya bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, peningkatan kualitas rumah di Kabupaten Kubu Raya berlangsung sejak 2009 hingga saat ini, dengan jumlah rumah yang dibantu sebanyak 13.625 unit.
 
Menurut Bupati Muda, Kabupaten Kubu Raya bisa mendapatkan bantuan PKRS sebanyak itu karena pemkab setempat sejak awal sudah memperkuat sistem pendataan, sehingga mendapatkan kepercayaan dari Kementerian PUPR untuk meningkatkan kualitas rumah masyarakat.
 
"Sistem pendataan kita yang membuat semuanya berjalan dengan baik, setiap tahun itu sekitar 1.000 sampai 2.000 rumah. Semuanya terealisasi dan tidak ada sisa," jelasnya.
 
Dia menjelaskan karena sistem yang sudah baik, setiap program yang diberikan pemerintah pusat terkait peningkatan kualitas rumah ini mendapatkan alokasi yang cukup besar melalui BSPS dari Kementerian PUPR.
 
"Kita terus berupaya untuk merealisasikan beberapa titik lokasi yang belum terakomodasi, untuk masyarakat yang belum mendapatkan atau menerima program ini kami minta bersabar," kata Muda.

 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif