Rumah tahan gempa dengan sistem modular yang dibangun untuk korban bencana. Foto: Kementerian PUPR
Rumah tahan gempa dengan sistem modular yang dibangun untuk korban bencana. Foto: Kementerian PUPR

Populer Properti: Rumah Baru bagi Korban Gempa Cianjur Dibangun Pakai Risha

Rizkie Fauzian • 24 November 2022 08:59
Jakarta: Berita terpopuler properti pada Rabu, 23 November antara lain Astra Land kembangkan proyek Rp6 triliun hingga cara bikin rumah sejuk. 
 
Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id kemarin.

1. Akuisisi Lahan, Astra Land Bakal Kembangkan Proyek Rp6 Triliun

PT Astra Land Indonesia melalui anak perusahaannya, PT Lazuli Karya Sarana mengakuisisi lahan seluas 50 hektar. Lahan tersebut akan dikembangkan menjadi kawasan residensial di Cikupa, Kabupaten Tangerang.
 
Menurut Presiden Direktur PT Astra Land Indonesia Wibowo Muljono, kawasan tersebut akan dikembangkan menjadi township dengan nilai Rp6 triliun. Adapun pengembangan akan berlangsung selama 12 tahun.
 
"Pengembangan akan dilakukan selama 12 tahun dengan persiapan pengerjaan proyek dimulai pada akhir 2022. Peluncuran kluster pertama diperkirakan dilakukan pada kuartal keempat tahun depan," katanya di Jakarta, Rabu, 23 November 2022.
 
Baca selengkapnya di sini

2. Rumah Korban Gempa Cianjur Bakal Dibangun Tahan Gempa dengan Sistem Modular

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berencana untuk membangun rumah baru tahan gempa bagi korban yang rumahnya mengalami kerusakan berat, runtuh, atau terpaksa direlokasi, akibat gempa bumi di Cianjur.
 
"Kalau dibangun baru harus dengan standar tahan gempa dari Kementerian PUPR. Itu perintah presiden," ujar Menteri Basuki di Jakarta, Rabu, 23 November 2022.
 
Dia menambahkan pembangunan rumah baru diperuntukkan bagi korban gempa yang rumahnya mengalami kerusakan berat, runtuh, atau terpaksa direlokasi. Sedangkan bagi korban gempa yang rumahnya mengalami kerusakan ringan dan sedang akan mendapatkan kompensasi Rp50 juta, yang merupakan stimulan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
Baca selengkapnya di sini

3. Cara Sederhana Bikin Rumah Lebih Sejuk

Saat panas, penggunaan Air Conditioner (AC) di kota-kota besar sudah umum dilakukan. Namun penggunaan AC secara terus menerus membuat pemakaian listrik melonjak dan pengeluaran membengkak.
 
Untuk membuat ruangan di rumah sejuk tanpa AC, Anda bisa melakukan beberapa perubahan kecil di rumah. Berikut ini caranya.
 
Warna cerah pada dinding rumah dipercaya memberikan efek yang menyejukkan ruangan. Pilihlah warna putih, atau kuning pastel yang mencerahkan.
 
Baca selengkapnya di sini

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif