Bikin rumah sejuk tanpa AC. Ilustrasi: Shutterstock
Bikin rumah sejuk tanpa AC. Ilustrasi: Shutterstock

Cara Sederhana Bikin Rumah Lebih Sejuk

Rizkie Fauzian • 23 November 2022 12:12
Jakarta: Saat panas, penggunaan Air Conditioner (AC) di kota-kota besar sudah umum dilakukan. Namun penggunaan AC secara terus menerus membuat pemakaian listrik melonjak dan pengeluaran membengkak.
 
Baca juga: 5 Warna Cat Rumah yang Bikin Sejuk

Untuk membuat ruangan di rumah sejuk tanpa AC, Anda bisa melakukan beberapa perubahan kecil di rumah. Berikut ini caranya.

1. Gunakan warna cerah

Warna cerah pada dinding rumah dipercaya memberikan efek yang menyejukkan ruangan. Pilihlah warna putih, atau kuning pastel yang mencerahkan.

2. Tambahkan kerai bambu

Kerai bambu sangat baik dalam menjaga kesejukan ruangan, sekaligus berfungsi dekoratif. Kerai bambu berfungsi menghalau cahaya matahari, sehingga Anda tetap nyaman meski sedang terik.

3. Pilih tirai tebal

Pilih tirai tebal untuk menghalau panas dari luar akibat sinar matahari. Pilih tirai dengan warna netral untuk mengurangi panas dalam ruangan.

4. Jangan lupa pasang kanopi

Solusi lain adalah memasang kanopi di atas jendela. Keberadaan kanopi untuk mengurangi paparan sinar matahari ke dalam ruangan.

7. Pertimbangkan menanam pohon

Sebagai solusi jangka panjang, pertimbangkan untuk menanam pohon atau menambahkan tanaman hias di dalam dan luar rumah. Rindangnya pohon dapat mencegah sinar matahari masuk ke ruangan dan memberikan keteduhan.

8. Gunakan exhaust fan

Anda bisa menggunakan exhaust fan untuk area dapur dan kamar mandi. Exhaust fan berfungsi membuang udara panas setelah dan  uap panas dari kamar mandi.
aja cukup merepotkan.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id


 
(KIE)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif