Hotel ikonik di seluruh dunia. Foto:  Le Bristol, Paris
Hotel ikonik di seluruh dunia. Foto: Le Bristol, Paris

5 Hotel Ikonik di Dunia

Properti hotel bangunan unik desain interior Arsitektur Unik
Anggi Tondi Martaon • 14 November 2019 09:15
Jakarta: Beberapa hotel yang tersebar di seluruh dunia mengusung konsep unik. Namun, tidak semua arsitektur patut dijadikan sebagai hotel yang ikonik.
 
Dikutip dari Architecturaldigest, berikut lima hotel yang menjadi ikon penginapan di dunia, yaitu:

1. Ett Hem, Stockholm

5 Hotel Ikonik di Dunia
Foto: Ett Hem
 
Ett Hem hanya memiliki 12 kamar. Meski jumlah kamar sedikit, penginapan yang ada di Stockholm itu selalu penuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa alasan membuat orang tertarik menginap di sana karena kehangatan staf yang bekerja di sana. Serta penyewa akan merasakan berada di rumah dari pada penginapan selama berada di sana.
 
Selain itu, hotel yang dirancang oleh Ilse Crawford wujud perpaduan seni dan bangunan. Corak yang digunakan lebih ramah, tidak bising, perabotan yang digunakan juga mengandalkan produk lokal, yaitu kulit domba, kayu ek, dan batu Gotland.
 
Selain itu, penyewa akan dibuat santai selama berada di dalam kamar. Mereka bisa duduk nyaman di dekat perapian, bersantai di bak marmer dan berbaring dengan nyaman di atas tempat tidur klasik empat tiang.

2. Hotel Alfonso XIII, Sevilla

5 Hotel Ikonik di Dunia
Foto: Hotel Alfonso XIII
 
Hotel Alfonso XIII dibangun oleh arsitek Jose Espiau y Munoz. Penginapan yang ada di Sevilla, Spanyol itu mulai terkenal sejak Pameran Amerika Seville pada 1992.
 
Pesona Hotel Alfonso XIII masih bertahan hingga saat ini. Beberapa unsur yang menjadi pelet pengunjung menginap di Hotel Alfonso XIII adalah corak ubin yang digunakan serta sajian koktail di kuil Art Deco.
 
Kamar di Hotel Alfonso XIII menggunakan beberapa budaya Spanyol, seperti Andalusia, Moor, dan Kastilia.
 
Selain itu, perabotan yang digunakan cukup berkelas, seperti sandaran kepala yang dilapisi kulit, plesterwirk Arab, dan lampu kaca Murano.

3. Gramercy Park Hotel, New York

5 Hotel Ikonik di Dunia
Foto: Gramercy Park Hotel
 
Gramercy Park Hotel tampaknya sudah ditakdirkan menjadi penginapan yang menjadi ikon. Buktinya, satu tahun setelah diresmikan pada 1925, beberapa tokoh memilih hotel tersebut menjadi saksi bisu perjalanan hidup mereka.
 
Beberapa tokoh yang pernah menggunakan jasa Gramercy Park Hotel yaitu aktor Humphrey Bogart, Presiden ke-35 Amerika John F. Kennedy, hingga musisi terkenal pernah menginap di sana.
 
Gramercy Park Hotel dirancang oleh Julian Schnabel. Dia menonjolkan perunggu, kulit, beludru. Penginapan tersebut juga dilengkapi dengan karya seni Andy Warhol, Jean-Michel Basquiat, dan Keith Haring.
 
Selain itu, salah satu yeang menjadi perhatian adalah balok langit-langit kayu sederhana yang kontras dengan kursi Baroque Louis XV dan lemari mahoni.

4. Chateau Marmont, Los Angeles

5 Hotel Ikonik di Dunia
Foto: Jason Frank Rothenberg
 
Awalnya, Chateau Marmont dirancang sebagai apartemen tahan gempa pertama di Los Angeles. Namun, pada 1900-an, Andre Balazs mengambil alih dan memberikan beberapa perubahan.
 
Salah satu hal yang dipertahankan yaitu elemen gothic yang terdapat di jendela, balok langit kayu, dan damsak.
 
Balazs juga mempertahankan teras yang ada pada bangunan tersebut. Di sana, pengunjung bisa bersantai sambil menikmati minuman yang disajikan.
 
Selain itu, semua kamar di Chateau Marmont bertipe suites. Fasilitas lain yang menjadi daya tarik adalah pondok, bungalow dan ruang publik yang dibuat remang-remang untuk membangkitkan Old Hollywood yang sulit ditemukan.

5. The Langham, Chicago

5 Hotel Ikonik di Dunia
Foto: Langham Chicago
 
Meski tergolong masih baru, The Langham bisa dikatakan sebagai salah satu ikon penginapan di dunia. Salah satu hal menarik yang dimiliki oleh hotel yang diresmikan pada 2013 itu memadukan bahan-bahan yang lembut.
 
Bahan utama yang digunakan oleh penginapan yang dirancang oleh Richmond International itu menggunakan kenari, granit puith Alsaka.
 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif