Ketua Bawaslu Abhan. Foto: Medcom.id
Ketua Bawaslu Abhan. Foto: Medcom.id

Bawaslu: Pengawas Pilkada Memiliki Tugas Ganda

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Putra Ananda • 10 Oktober 2020 21:14
Jakarta: Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menyebut jajarannya memiliki tugas ganda dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Pengawas harus memastikan pilkada berjalan sesuai aturan dan protokol kesehatan pencegahan covid-19 juga tetap berjalan.
 
"Selain substansi elektoral, panwaslu juga harus mengawasi penerapan protokol kesehatan. Dua-duanya sama penting jadi harus seimbang," kata Abhan melalui keterangannya, Sabtu, 10 Oktober 2020.
 
Abhan meminta Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) melakukan pengawasan hingga ke tempat-tempat yang berpotensi mengundang keramaian. Pengawas juga diminta bekerja sama dengan kepolisian maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk memastikan pilkada berlangsung tanpa mengabaikan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Peringatan tidak mempan ada tindakan represif seperti dibubarkan. Maka kita harus bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Satpol PP," ujar dia.
 
Baca: Partisipasi Masyarakat Dibutuhkan Mengawasi Hoaks Pilkada 2020
 
Abhan mengatakan perlu pembentukan kelompok kerja (pokja) penanganan covid-19 agar pencegahan penularan virus korona dalam pelaksanaan pilkada bisa lebih efektif. Pengawas di tempat pemungutan suara (TPS) juga diminta fokus menjalankan fungsinya sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh Bawaslu.
 
"Pengawas TPS ini memiliki kewenangan yang bahkan tidak dimiliki ketua KPU maupun Bawaslu, yakni menentukan sebuah surat suara sah atau tidak. Jadi diharapkan nanti mereka memiliki kualifikasi yang mumpuni," kata dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif