Ilustrasi kampanye. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi kampanye. Medcom.id/M Rizal

Bawaslu Gandeng Parpol Tegakkan Protokol Kesehatan saat Pilkada

Pilkada Virus Korona pilkada serentak bawaslu Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 17 September 2020 22:35
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berencana audiensi dengan sejumlah pengurus partai politik (parpol). Peran aktif parpol dibutuhkan untuk menegakkan ketaatan terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19 selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.
 
"Besok (Jumat, 18 September) kemungkinan dengan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Mahfud MD) ada pertemuan dengan DPP parpol yang ikut kompetisi. Mengingatkan DPD dan DPC di bawahnya tidak kumpulkan massa," ujar Anggota Bawaslu Rahmat Bagja, dalam diskusi virtual, Kamis, 17 September 2020.
 
Parpol diminta dapat menertibkan kadernya yang melanggar protokol kesehatan. Pelanggaran itu terlihat saat tahapan pendaftaran calon bakal pasangan calon pada 4-6 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Paling berkontribusi dalam pengumpulan massa adalah teman-temen parpol. Kami menggugah keseriusan teman-temen parpol untuk menyesuaikan dengan protokol covid-19," tuturnya.
 
Baca: Bawaslu Temukan Cakada Positif Covid-19 Hadir Saat Pendaftaran
 
Bagja menekankan, polisi akan turun tangan apabila terjadi pengumpulan massa saat massa kampanye dan tahapan pilkada berikutnya. Kegiatan tersebut dapat dijerat pidana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.
 
"Mengikuti pola pembubaran unjuk rasa, bisa dilakukan oleh usul rekomendasi Bawaslu maupun temuan kepolisian langsung," imbuhnya.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif