Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

KPU Sumenep Izinkan Paslon Ubah APD Jadi APK

Pilkada alat peraga kampanye atribut kampanye pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Rahmatullah • 09 Oktober 2020 12:15
Sumenep: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, memperbolehkan alat pelindung diri (APD) pencegahan covid-19 dijadikan bahan alat peraga kampanye (APK).
 
"Sekarang juga alat-alat untuk pencegahan covid-19 menjadi bahan kampanye. Itu bisa digunakan oleh pasangan calon," kata Komisioner KPU Kabupaten Sumenep, Rafiqi, Jumat, 9 Oktober 2020.
 
Ia menjelaskan, jenis APK berupa memanfaatkan APD sudah diatur dalam peraturan KPU (PKPU), sehingga tidak ada larangan. APD yang bisa dijadikan bahan APK oleh pasangan calon dan dibagikan kepada masyarakat ialah masker, hand sanitizer, sarung tangan, dan face shield.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu boleh dijadikan bahan pampanye untuk calon dibagikan kepada warga terutama di zona-zona merah. Barangkali sekarang mau berkampanye bisa menggunakan alat itu," imbuhnya.
 
Baca juga:Sugianto Sabran Fokus Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Kalteng
 
Rafiqi melanjutkan, dalam hal sarana kampanye dimaksud tidak difasilitasi oleh KPU, sehingga pengadaannya bisa dilakukan oleh setiap pasangan calon.
 
"Bahan kampanye yang difasilitasi KPU salah satunya brosur, poster, pamflet, leaflet serta stiker," sambung dia.
 
Pilbup Kabupaten Sumenep sesuai jadwal akan digelar 9 Desember 2020. Untuk masa kampanye telah dimulai sejak 26 September hingga 5 Desember 2020.
 
Dalam pesta demokrasi lima tahunan ini ada dua pasangan calon yang akan berebut suara masyarakat, yaitu Achmad Fauzi-Dewi Khalifah dan Fattah Jasin-Ali Fikri.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif