Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

5 Bakal Calon Kepala Daerah di Kalsel Positif Covid-19

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Pilkada Kalimantan Selatan Pilkada Banjarmasin
Antara • 08 September 2020 17:50
Banjarmasin: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan mengungkap ada lima bakal calon kontestan pilkada serentak, terkonfirmasi positif covid-19. Yakni di Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.
 
"Saya tidak bisa menyebutkan kapan mereka terkenalnya (positif covid-19)," ujar salah satu anggota KPU Kalimantan Selatan, Hatmiati, di Kantor KPU Kalimantan Selatan, Selasa, 8 September 2020.
 
Pihaknya segera melakukan perubahan Surat Keputusan tahapan bagi bakal calon yang positif covid-19. Dia mengaku, KPU Kalsel akan menunggu hingga masa isolasi para bakal calon berakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perubahannya dalam artian kita menunggu selama 14 hari si Balon jalani karantina, selanjutnya dites swab atau usap lagi apakah sudah negatif atau sebaliknya," terangnya.
 
Baca:Bakal Calon Wabup Muratara Sumsel Positif Covid-19

Hatmiati menerangkan, jika dalam waktu yang ditentukan belum dinyatakan negatif covid-19. Maka, penetapannya sebagai calon kepala daerah ditunda.
 
"Tapi pada prinsipnya bakal calon positif covid-19 tidak menggugurkan syarat calon," jelasnya.
 
Dia menjelaskan, bakal calon yang positif covid-19 akan terdampak pada tahapan pilkada. Yakni penetapan sebagai calon pada 23 September 2020, dan saat pengundian nomor urut pada 24 September 2020.
 
"Kemudian saat mengikuti masa kampanye, karena bakal calon untuk mengikuti tiga tahapan harus memiliki hasil tes kesehatan yang resmi," terang Hatmiati.
 
Dia menekankan, tahapan pilkada terus berlanjut bagi bakal calon yang sudah mengikuti tahapan. Termasuk kesehatan yang dinyatakan baik.
 
Pilkada serentak di Kalsel akan dilaksanakan di tujuh kabupaten/kota, yakni, Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu, Kotabaru, Hulu Sungai Tengah dan Balangan.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif