Ilustrasi menulis. Pexel
Ilustrasi menulis. Pexel

Tips Membuat Cover Letter Agar Dilirik Perekrut

Pendidikan Lowongan Kerja karier beasiswa osc tips & trik Cover letter
Renatha Swasty • 22 April 2022 11:09
Jakarta: Lolos seleksi administrasi merupakan impian setiap pelamar kerja. Pelamar harus memastikan dokumen yang dilampirkan sudah lengkap dan unik agar perekrut tertarik membacanya.
 
Salah satu dokumen yang dapat menarik perhatian ialah cover letter atau surat pengantar. Cover letter berisi motivasi dan paparan mengenai alasan mengapa pelamar memenuhi syarat untuk posisi yang dilamar.
 
Surat pengantar yang ditujukan kepada pembuka lowongan kerja itu memiliki sejumlah fungsi. Di antaranya memperkenalkan diri, menunjukkan minat pada perusahaan, menarik perhatian resume, dan memotivasi perekrut untuk mewawancarai pelamar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Nah, untuk memberi kesan baik ke HRD perusahaan, simak tips-tips untuk membuat cover letter yang menarik,” tulis akun Instagram @ditjen.dikti, dikutip Jumat, 22 April 2022.
 
Pertama, lakukan riset. Kenali perusahaan yang dilamar lebih jauh, termasuk tanggung jawab pekerjaan dan persyaratan lowongan yang diincar. Jangan lupa isi subjek yang dituju dengan jelas dan benar.
 
Kedua, perhatikan tata bahasa. Gunakan bahasa formal sesuai PUEBI yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan tidak bertele-tele. Pastikan tata bahasanya menarik untuk disimak.
 
Ketiga, pastikan tulisan mudah dibaca. Jika ditulis tangan, pastikan tulisan tersebut dapat dibaca dan rapi. Namun, bila diketik, gunakan font yang mudah dibaca seperti Arial, Calibri, Garamond, Helvetica, dan Georgia.
 
Terakhir, susun cover letter dengan tepat pada tiga bagian penting. Bagiannya terdiri dari pembuka yang berisi tujuan dan tanggal pembuatan cover letter; isi yang dimulai dengan salam pembuka hingga profil singkat; kemudian penutup surat yang berisi salam serta tanda tangan.
 
Demikianlah empat tips membuat cover letter yang menarik ala Ditjen Dikti. Selamat mencoba! (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Ini Contoh Cover Letter yang Baik dalam Bahasa Indonesia, Pencari Kerja Wajib Tahu
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif