Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

3 Alasan Resolusi Tahun Baru Sering Gagal Beserta Solusinya

Arga sumantri • 31 Desember 2021 11:28
Jakarta: Beberapa dari kalian mungkin pernah merasakan kegagalan dalam mewujudkan resolusi tahun baru. Bahkan, kegagalan itu terjadi secara berulang.
 
Ada sejumlah penyebab resolusi tahun baru sering gagal. Namun, demikian ada juga solusinya. Melansir Zenius, berikut ini empat alasan kenapa resolusi tahun baru sering gagal beserta solusinya.

1. False Hope Syndrome

Siklus mencoba suatu resolusi yang sama walaupun sudah gagal beberapa kali itu dinamakan false hope syndrome. Contoh kasus, kalian berencana menuntaskan membaca satu buku dalam satu bulan di 2022, ternyata gagal. Hal itu kemudian kembali jadi resolusi jelang 2023, dan seterusnya.
 
Situasi false hope syndrome ini membuat usaha kalian membentuk gaya hidup atau rutinitas baru gagal karena harapan atau resolusi yang tidak realistis membuat peluang untuk terpenuhinya sangat kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak realistisnya sebuah resolusi bisa dari segi ekspektasi, kecepatan, jumlah kemudahan, dan konsekuensi dari upaya mencapai resolusi itu sendiri.
 
Baca: Ucapan Selamat Tahun Baru dalam Berbagai Bahasa
 
Misalnya, ketika kalian tidak terbiasa membaca tetapi membuat resolusi untuk membaca dua buku dalam sebulan di tahun baru. Yang awalnya terlihat mudah karena mungkin orang lain bisa melakukannya, ternyata setelah dijalani, baru dirasakan sulitnya untuk menjaga motivasi, membagi waktu, dan tantangan-tantangan lainnya yang muncul di tengah jalan.
 
Walaupun masih ada kemungkinan resolusi itu bisa terpenuhi, namun besar juga kemungkinannya untuk gagal. Di situlah pentingnya membuat resolusi tahun baru yang realistis.
 
Dalam membuat resolusi tahun baru yang realistis, membuat langkah kecil merupakan kuncinya. Kalau ingin bisa membaca dua buku dalam sebulan, mungkin bisa dimulai dengan membaca selama sepuluh menit dalam sehari. Dengan begitu, resolusi yang dibuat tidak akan terlalu mengintimidasi dan masih memberikan ruang untuk lo melakukan penyesuaian.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif