Ilustrasi Barista. Foto: Ditjen Vokasi
Ilustrasi Barista. Foto: Ditjen Vokasi

Profesinya Makin Dilirik, Ini 6 Rekomendasi Lembaga Kursus Barista di Indonesia

Citra Larasati • 26 Maret 2023 14:00
Jakarta:  Indonesia merupakan salah satu surga kopi, memiliki ragam kopi berkualitas terbaik di dunia.  Kekayaan alam ini juga yang membuat usaha kedai kopi mudah ditemukan di Indonesia.
 
Tumbuhnya keda kopi ini tentu membawa konsekuensi akan tingginya kebutuhan akan barista yang memiliki keterampilan meracik kopi.  Profesi barista pun belakangan kian dilirik, karena tinggi kebutuhannya dan banyak dicari pemilik usaha kedai kopi.
 
Namun menjadi barista memang tidak sembarangan, bukan sekadar tukang kopi biasa. Profesi ini perlu memiliki keahlian khusus dalam meracik kopi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Barista juga harus memahami seluk belum kopi, mulai dari hulu hingga hilir, atau dari kopi hingga penyajian kopi hingga ke meja penikmat kopi.
 
Dalam proses menyajikan kopi pun, barista memerlukan teknik-teknik sesuai dengan jenis kopi yang diseduh. Tentu saja membuat kopi untuk cappucino, latte art, serta picollo akan berbeda-beda. 
 
Nah, meski tidak mudah bukan berarti keterampilannya tidak bisa Sobat Medcom pelajari loh.  Ada beragam pilihan pelatihan atau kursus yang dapat kamu ikuti sebelum terjun menekuni profesi barista.
 
Mau belajar tapi masih bingung memilih lembaga pelatihan dan kursus yang pas untuk jadi barista? Jangan khawatir, di artikel ini akan dibahas beberapa lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dan sanggar kegiatan belajar (SKB) yang mempunyai kursus Barista. 

Berikut Rekomendasi Lembaga yang Buka Kursus Barista:

1. LKP Borneo Hospitality School

Dilansir dari laman Ditjen Vokasi, untuk memenuhi kebutuhan SDM terkait terkait besarnya peluang bekerja di coffe shop dan hotel, LKP Borneo Hospitality School mengadakan kursus barista sejak 2021. Kelas kursus barista tersebut pun diselenggarakan melalui program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) ataupun kelas privat yang diadakan setiap bulannya.
 
Dalam membantu pembelajaran peserta didik, LKP tersebut pun memiliki teaching factory (Tefa) berupa kedai kopi bernama @naturakoffie.id. Lulusan LKP ini pun terserap kerja di beberapa industri, yaitu Lios Cafe Hotel Aquarius, Casa Del Gelato and Coffee, Khozaku Cafe & Eatery, dan masih banyak lagi. 

2. LKP Palembang Training Center

Cari LKP tepercaya yang memiliki pelatihan barista di Palembang? LKP Palembang Training Center bisa menjadi jawaban. Sobat Medcom dapat mempelajari cupping kopi dan juga teknik penyeduhan dengan metode manual brew di LKP ini. 
 
LKP yang berdiri tahun 2019 ini pun sudah dipercaya mengikuti program PKK sejak tahun 2020. Untuk tahun ini, LKP Palembang Training Center menyelenggarakan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) untuk menumbuhkan wirausahawan barista di wilayah Palembang.
 
LKP Palembang Training Centre ingin memanfaatkan potensi besar Sumatra Selatan yang merupakan penghasil kopi di lima daerah, Lahat, Pagar Alam, Muara Enim, Empat Lawang, dan Oku Selatan

3. LKP Adi Bangsa Institute

Dalam mengedepankan kebutuhan industri perhotelan di dalam dan luar negeri, LKP Adi Bangsa Institute juga membuka Jurusan Barista. LKP yang bertempat di Cianjur ini membuka Jurusan Barista sejak tahun 2021 yang saat ini sudah mencapai 26 batch setiap dua minggu.
 
Kelas khusus barista di Adi Bangsa berlangsung selama lima hari dengan materi pelajaran berupa basic cupping, manual brew, espresso, dan latte art. Selain itu, peserta didik juga diajarkan mengenai hospitality sebagai dasar untuk melayani pelanggan. Alumninya bukan hanya dari daerah Cianjur saja, tetapi juga Kalimantan dan Sumatra. 

4. LKP Duta Persada

Bertempat di Yogyakarta, LKP Duta Persada juga memiliki kelas untuk barista. Terdapat dua kelas barista di LKP ini, yaitu kelas reguler dan kelas bootcamp.
 
Program reguler diperuntukan bagi lulusan SMA/SMK yang berorientasi kerja di hotel dan kapal pesiar. Lama pelatihannya pun sekitar tiga bulan dengan wajib magang 6 bulan. Sementara itu, untuk kelas bootcamp targetnya adalah bagi mahasiswa yang ingin bekerja part time atau orang yang ingin berwirausaha. Waktu belajarnya pun cukup singkat, hanya 3-7 hari.

5. LKP Smile Zone

Dengan memiliki kopi khas Temanggung, LKP Smile Zone pun membuka kelas barista baru-baru ini. Sebelumnya, penyajian kopi hanya diberikan di materi food and beverage product untuk bidang perhotelan, tetapi untuk tahun 2022 LKP ini pun menyelenggarakan kelas barista dalam program PKW oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.
 
Beberapa alumni PKW tersebut sudah merintis usaha kedai kopi  di beberapa kecamatan, yaitu Temanggung, Kaloran, dan Candiroto. Untuk tahun ini, LKP Smile Zone dipercaya untuk mengadakan program kursus barista gratis melalui program PKK.

6. SKB Sintang

Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sintang, Kalimantan Barat yang merupakan lembaga pendidikan nonformal juga memiliki program kursus keterampilan barista gratis. Melalui program PKK dan PKW, SKB Sintang menerima peserta didik sejak tahun 2021.
 
Bagi kamu yang berlokasi dekat dengan SKB ini bisa jadi pilihan untuk belajar mengolah kopi dan membuka usaha kedai kopi. Beberapa alumni program PKK 2022 telah diterima bekerja  sebagai barista dengan mitra SKB Kabupaten Sintang, yaitu Bagoes Resto, CW Cafe, Lupung Cafe, dan Ladja Resto. Sementara itu, alumni program PKW 2021 sudah merintis usaha kedai kopinya di beberapa kecamatan.
 
Selain LKP di atas masih banyak pilihan lainnya dan telah sukses menghadirkan barista yang kompeten. Jadi, pastikan tempat kursus barista yang kamu pilih sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan kurikulum yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dengan begitu kamu akan lebih kompeten menjadi barista yang tersertivikasi.
 
Baca juga:  Trennya Bagus, Kemendikbudristek Dorong LKP Buka Kursus Keterampilan Barista

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif