Ilustrasi wawancara kerja. Pexel
Ilustrasi wawancara kerja. Pexel

Fresh Graduate, Ini 3 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Cari Kerja

Renatha Swasty • 12 Agustus 2022 12:58
Jakarta: Menjelang wisuda periode tiga, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Airlangga (Unair) menggelar pelepasan dan pembekalan calon wisudawan. Kegiatan untuk memberikan bekal serta pengumuman wisudawan terbaik dan berprestasi kepada calon wisudawan.
 
Kase Alumni DPKKA Unair Rizky Amalia menuturkan berdasarkan survei DPKKA Unair sebesar 74 persen mahasiswa selepas menjadi alumni memilih bekerja atau mencari pekerjaan. Besarnya persentase alumni yang memilih bekerja ini tentu harus memahami beberapa hal sebelum memasuki dunia kerja.
 
“Jika memilih bekerja harus memiliki mental yang sangat kuat dan juga persiapan untuk berkompetisi sama lulusan yang lain, tidak hanya lulusan FISIP tetapi juga dengan lulusan di prodi lainnya,” kata Rizky dikutip dari laman unair.ac.id, Jumat, 12 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memaparkan tiga hal yang perlu diketahui sebagai fresh graduate. Pertama, siap bersaing dengan job seekers lain.
 
Kedua, selalu aktif mencari lowongan pekerjaan di berbagai sumber informasi. Ketiga, siap menghadapi proses rekrutmen seperti seleksi CV, tes tulis, wawancara, dan lainnya.
 
Rizky juga menyinggung perbedaan dan penulisan CV kreatif dan CV ATS yang penting harus dimiliki bagi fresh graduate sebagai modal awal mencari pekerjaan di ranah profesional. Dia juga mengimbau pada lulusan untuk mulai membuat akun-akun pencari kerja, salah satunya LinkedIn yang banyak digunakan dalam proses rekrutmen.
 
“Kunci lolos dalam seleksi yang utama yakni CV yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Jika perusahaan mengunakan seleksi sistem gunakan CV ATS dan apabila perusahaan memungkinkan untuk CV kreatif gunakan CV sesuai yang diminta. Jadi, LinkedIn juga diperbarui dan ikuti pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki,” papar dia.
 
Rizky juga mengenalkan beberapa program di DPKKA Unair untuk menunjang karier maupun pelatihan karier untuk lumni yang membutuhkan bantuan dan pendampingan. Seperti program career interest, career conseling, career buddy, dan lainnya.
 
Program-program tersebut diberikan DPKKA Unair sebagai wadah dan kegiatan agar lulusan siap terjun di dunia pelerjaan maupun bidang wirausahawan dengan lebih baik dan matang nantinya.
 
Baca juga: Apa itu ATS dan Tips Cara Membuat CV yang ATS Friendly

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif