Ilustrasi tulis. Pexel.
Ilustrasi tulis. Pexel.

7 Tips Jitu Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Contohnya

Medcom • 21 September 2022 14:02
Jakarta: Surat lamaran kerja merupakan sarana komunikasi antara pencari kerja dan pemberi kerja dalam proses melamar pekerjaan. Secara umum, surat lamaran kerja berisi tentang informasi dan deskripsi diri si pencari kerja seperti nama, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, email, dan nomor yang bisa dihubungi.
 
Dalam penulisannya, Sobat Medcom harus memperhatikan unsur-unsur kebahasaan sebagai berikut: menggunakan bentuk surat yang standar, menggunakan bahasa yang baik dan benar, menggunakan kata-kata yang sopan, menggunakan kata pengantar yang jelas (singkat, padat, informatif, tepat sasaran), tulisan bersih dan mudah dibaca, serta melengkapi bagian-bagian norma bahasa surat (unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, nama terang). 
 
Saat menulis surat lamaran kerja, usahakan meninggalkan kesan yang baik agar perekrut tertarik dan memilih kamu sebagai kandidat tahap rekrutmen selanjutnya. Melansir Ruangguru, inilah tips menulis surat lamaran kerja yang baik:

1. Berikan kesan individual

Pastikan menulis nama perusahaan dengan benar sesuai dengan tujuan. Jika ditujukan kepada seseorang di perusahaan tersebut, maka tulislah nama dan jabatannya secara benar dan spesifik. 

2. Singkat dan padat

Gunakan bahasa yang singkat dan padat, tidak bertele-tele. Perekrut memiliki banyak surat untuk dibaca, jangan sampai surat yang kamu tulis ‘memberatkan’ untuk dibaca. 

3. Usahakan tidak lebih dari satu halaman

Berkaitan dengan poin sebelumnya, surat yang singkat, padat, dan tidak bertele-tele akan memudahkan untuk dibaca. Jangan sampai menulis terlalu panjang dan menghilangkan minat perekrut untuk membaca surat lamaran kamu. 

4. Rapi dan bersih

Pastikan tidak ada salah ketik (typo), perhatikan besar kecil huruf, tanda baca, dan lain sebagainya. Jika ditulis tangan, maka jangan sampai ada coretan atau menggunakan tipe-x. 

5. Berikan kesan 

Deskripsikan dirimu dengan baik dan menarik, tetapi jangan terlalu berlebihan maupun merendah. Ceritakan saja kelebihan yang kamu miliki, yang bisa terlihat “menjual” di mata perekrut. 

6. Sebutkan pengalaman atau prestasi yang pernah diraih

Jelaskan secara singkat pengalaman atau prestasi yang pernah diraih, sesuai dengan kenyataan. Ceritakan dengan jujur, jangan berbohong, karena perekrut biasanya akan melakukan background check terhadap kandidat-kandidat yang berpotensi masuk ke tahap seleksi berikutnya. 

7. Gunakan bahasa yang dikuasai

Pencari kerja seringkali menulis surat lamaran dengan bahasa Inggris, meski memang tak jarang ini memberikan nilai plus dan kesan yang spesial bagi perekrut, namun jika mengirimkan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris tanpa kemampuan yang mumpuni justru akan membebani kamu. 

Contoh surat lamaran kerja fresh graduate:

Kepada Yth. Bapak/Ibu Pimpinan HRD 
(Nama perusahaan) 
di tempat 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan hormat, 
 
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari (sumber informasi), dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di (nama perusahaan). 
 
Saya pria, berusia 24 tahun, lulusan S1 Akuntansi, Universitas (nama kampus dan tahun lulus). Berikut data pribadi saya: [bisa ditulis dalam bentuk seperti ini atau narasi]
 
Nama: ..................... 
Tempat, tanggal lahir: ........... 
Pendidikan terakhir: ............ 
Alamat: ................... 
 
Saat ini, saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. Saya juga aktif berorganisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris, baik aktif maupun pasif, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim. [Jelaskan pengalaman, kemampuan/skill yang dikuasai]
 
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen berikut: 
  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotocopy ijazah terakhir
  3. Fotocopy transkrip nilai
  4. Sertifikat pelatihan
  5. Pas foto terbaru. 
Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 
 
Hormat saya, 
(Nama pelamar)
 
[Kontak yang bisa dihubungi]
 
Contoh surat lamaran kerja magang 
 
Hal: Lamaran Kerja Magang, Jr. Content Writer
 
Yth.  Bapak/Ibu Pimpinan [Nama perusahaan] di Tempat,
 
Sebelumnya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri.
 
Nama:......
Tempat dan tanggal lahir:.....
Jurusan dan universitas: S1 [Jurusan], [Angkatan], [Fakultas], [Universitas]
 
Berdasarkan iklan lowongan kerja di media sosial XYZ, saya ingin mendaftarkan diri untuk posisi magang Jr Content Writer di [Nama perusahaan].
 
Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai freelance writer di perusahaan media BBM selama enam bulan. Saat ini saya juga aktif menulis beberapa artikel dan konten di blog resmi BEM FISIP Universitas Ternama. Tentunya, kedua pengalaman ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. [Ceritakan pengalaman organisasi/kepanitiaan/kemampuan atau skill/nilai “jual” yang kamu miliki]
 
Selain itu, saya pun tertarik dengan program master mentorship yang akan dipandu secara langsung oleh para penulis aktif di [Nama perusahaan].
 
Saya yakin bahwa ilmu dan pengalaman yang sudah saya miliki dapat membentuk saya sebagai seorang Content Writer yang handal. [Tuliskan kenapa kamu pantas mendapatkan posisi tersebut]
 
Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa dokumen yang diajukan dalam iklan lowongan:
  1. CV
  2. Portofolio penulisan
  3. Fotocopy kartu tanda mahasiswa (KTM)
  4. Surat izin magang dari kampus
  5. Surat referensi dari media BBM.
Demikian surat lamaran kerja magang yang saya buat. Semoga Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai pegawai magang Jr. Content Writer baru di [Nama perusahaan].
 
Saya ucapkan terima kasih.
 
 Hormat saya,
 
(Nama pelamar)
 
[Kontak yang bisa dihubungi]

Contoh surat lamaran kerja lulusan SMK

Hal : Lamaran Pekerjaan
 
Yth. HRD Manager [Nama perusahaan]
[Di Tempat/Alamat]
 
Dengan Hormat,
 
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar ABC, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini, saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini.
 
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
 
Nama : ….
Tempat/tanggal lahir :.....
Jenis kelamin :....
Pendidikan : SMK YXA KOTA ABC
Alamat :….
Telepon :....
 
Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:
  1. Pasfoto ukuran 3x4
  2. Fotokopi KTP Bandung
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Fotokopi ijazah terakhir
  5. Fotokopi SKHUN
  6. Fotokopi sertifikat kompetensi
  7. Fotokopi sertifikat PKL.
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian serta kerja sama dari Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.
 
Hormat saya,
 
(Nama pelamar)
 
[Kontak yang bisa dihubungi]
 
 
Itulah hal-hal yang harus Sobat Medcom perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja, beserta contoh-contoh yang bisa dijadikan acuan dalam menulis surat lamaran kerja. Semoga bermanfaat ya! (Annisa Ambarwaty)

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif