Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Mau Mulus Masuk PTS Idaman? Wajib Persiapkan 3 Hal Ini

Citra Larasati • 05 Juli 2022 19:00
Jakarta:  Meski banyak pelajar yang mendambakan untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) namun pada kenyataannya keterbatasan kursi mahasiswa baru membuat persaingan untuk masuk ke PTN sangat ketat.  Hasilnya, tidak semua lulusan SMA sederajat yang mendaftar pun dapat diterima di kampus berpelatmerah tersebut.
 
Namun jangan khawatir, jalan Sobat Medcom untuk mencapai cita-cita bukan berarti berhenti sampai di situ.  Sebab jalur menempuh pendidikan tinggi berkualitas masih terbuka sangat lebar, salah satunya dengan mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS)
 
Jumlah perguruan tinggi swasta di Indonesia sangat banyak, jumlahnya sekitar 4.000-an PTS.  Meski kualitasnya beragam, namun tidak sedikit juga yang memiliki kualitas setara PTN.  Terbukti dengan masuknya sejumlah PTS ke pemeringkatan perguruan tinggi terbaik dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, Sobat Medcom tetap diperlukan persiapan yang matang agar kamu dapat diterima di PTS idaman. Sebab di setiap PTS calon mahasiswa akan diminta untuk mengikuti seleksi yang biasanya digelar secara mandiri oleh pihak kampus.

Berikut 3 Persiapan Menghadapi Seleksi Masuk PTS:

1. Mencari dan Menentukan Jurusan yang Diinginkan

Dilansir dari laman Ruanggguru, sebelum menentukan perguruan tinggi swasta yang ingin kamu tuju, kamu harus tahu terlebih dahulu akan masuk di jurusan apa (sumber: careerbuilder.com)
 
Sebelum kamu menentukan akan berkuliah di perguruan tinggi swasta yang mana, kamu harus tahu dan yakin terlebih dahulu akan masuk di jurusan apa. Setelah itu, baru kamu bisa membandingkan jurusan yang diinginkan di beberapa perguruan tinggi swasta yang menyediakan jurusan tersebut.
 
Kemudian langkah selanjutnya adalah membandingkan beberapa faktor penting, seperti akreditas kampus dan jurusan, biaya kuliah di setiap semesternya, kelengkapan fasilitas serta pra sarana pendidikan maupun di kegiatan pengembangan diri.  Setelah membandingkan, maka kamu akan lebih banyak menghimpun informasi yang membuat kamu makin mantab dalam memutuskan jurusan dan kampus pilihan. 

2. Mencatat Tanggal Penting Pendaftaran, Ujian hingga Pengumumannya

Perguruan tinggi swasta biasanya membuka pendaftaran mahasiswa baru di awal tahun dikutip dari laman sidneysmithcommons.artsci.utoronto.ca.
 
Sejumlah perguruan tinggi banyak yang membuka pendaftaran mahasiswa barunya berbarengan dengan jadwal penerimaan mahasiswa baru di PTN.  Meski tidak sedikit pula yang baru membuka pendaftaran setelah PTN.
 
Mengingat proses penerimaan mahasiswa baru di PTS tidak serempak seperti di PTN, penting bagi Sobat Medcom untuk mencari tahu dan mencatat jadwal di masing-masing PTS tujuan kamu.  Jika sudah mendapatkan jadwalnya, ada baiknya Sobat Medcom mendaftar di gelombang-gelombang awal.
 
Sebab biasanya, biaya pendidikan di gelombang awal relatif lebih rendah dibandingkan dengan gelombang berikutnya, terlebih lagi gelombang akhir.  Namun jika kamu masih ingin berjuang untuk masuk PTN sampai titik darah penghabisan di jalur mandiri, maka tidak perlu terburu-buru untuk mendaftar di gelombang awal PTS.
 
Tapi jangan pula lupa untuk mencatat jadwal gelombang terakhir di PTS incaran kamu, agar tidak terlewat.  Jangan lupa untuk terus memantau laman resmi PTS dan akun-akun media sosialnya, karena biasanya ada pengumuman terkini yang diinformasikan lewat platform tersebut. 

3. Siapkan Diri untuk Proses Seleksi

Seperti sudah disampaikan di atas, bahwa sistem seleksi di PTS tidak sama dengan PTN yang digelar secara serentak dan serempak melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).  PTS cenderung mengelola dan menggelar seleksi penerimaan mahasiswa barunya secara mandiri.
 
Sehingga tidak hanya jadwal yang akan berbeda-beda antara satu PTS dengan PTS lainnya.  Berkas-berkas yang dipersyaratkan pun bisa jadi berbeda.  Jadi, bagi kamu yang mau masuk PTS juga wajib mengenali jalur-jalur masuk yang dibuka tiap PTS.  Sebab mirip-mirip seperti PTN, setiap PTS juga biasanya membuka banyak jalur, mulai dari jalur prestasi hingga ujian tulis. 
 
Nah, mumpung masih banyak pendaftaran mahasiswa baru PTS yang buka, buruan cek jadwal dan persyaratannya ya. Semoga mimpi kamu kuliah di jurusan dan PTS idaman bisa terwujud!
 
Baca juga: Masih Ragu Tak Sukses Saat Masuk PTS? Ini 5 Tips Bangun Jalan Kesuksesan Sendiri
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif