Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Mahasiswa Baru, Ini Tips Lulus Kuliah 3,5 Tahun

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Mahasiswa
Medcom • 11 Mei 2022 17:18
Jakarta: Lulus tepat waktu merupakan dambaan setiap mahasiswa. Apalagi jika bisa menyelesaikan studi lebih cepat, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri.
 
Bagi mahasiswa baru, tak ada salahnya mempersiapkan diri agar bisa lulus kuliah dalam kurun waktu 3,5 tahun. Selain menjadi kebanggaan, Sobat Medcom juga bisa lebih cepat terjun ke dunia kerja dan membantu perekonomian keluarga atau untuk masa depan sendiri.
 
Dikutip dari Instagram @masukptn, berikut 5 tips lulus kuliah kurang dari empat tahun untuk mahasiswa baru:

1. Pahami buku panduan mahasiswa baru

Saat orientasi mahasiswa baru, biasanya akan diberikan buku panduan. Buku ini berisi daftar mata kuliah beserta beban SKS yang harus diselesaikan tiap semester.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai mahasiswa baru, pahami buku panduan tersebut agar dapat memetakan mata kuliah apa saja yang akan diambil di semester tertentu. Dengan mengetahui hal tersebut, perkuliahan bakal jadi lebih terarah.

2. Buat target IPK tiap semester

Besaran IPK menjadi penentu jumlah SKS yang bisa diambil di tiap semester. Untuk itu, buatlah target IPK setiap semester agar dapat mengambil lebih banyak SKS.
 
Semakin besar IPK, semakin banyak pula SKS yang dapat diselesaikan. Semakin cepat sebuah SKS selesai, semakin besar juga kesempatan Sobat Medcom untuk lulus lebih awal.

3. Usahakan tidak mengulang mata kuliah wajib

Mengulang mata kuliah bisa membuat durasi perkuliahan lebih lama, sebab harus menunggu di tahun berikutnya. Selain menunda kelulusan, hal ini juga dapat mengurangi kesempatan Sobat Medcom untuk memperoleh gelar cumlaude.

4. Berdiskusi dengan dosen

Akan sia-sia rasanya bila Sobat Medcom memendam sendiri keinginan lulus lebih cepat atau ingin mendapatkan predikat cumlaude. Ketimbang bungkam, utarakan saja tujuan tersebut kepada dosen wali atau dosen pembimbing.
 
Dengan begitu, Sobat Medcom bakal menerima nasihat, arahan, atau bahkan bantuan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

5. Ikut organisasi kampus dari semester awal

Banyak desas-desus mengatakan aktif berorganisasi justru memperlambat kelulusan. Padahal, organisasi kampus dapat mengasah keterampilan sekaligus menambah jejaring.
 
Melalui organisasi, Sobat Medcom bisa berkenalan dengan senior di kampus. Tak menutup kemungkinan, mereka nantinya bakal memberi masukan baik untuk target-target studi yang dibuat.
 
Itulah lima tips lulus kuliah dalam kurun waktu 3,5 tahun. Selagi membawa dampak positif, jangan pernah takut untuk melakukan hal-hal baru di dunia perkuliahan. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Tips Memilih Program Studi dengan Mengintip Angka Keketatan di Jalur SBMPTN
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif