Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

5 Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Pendidikan pendidikan Pendidikan Tinggi Tips Pendidikan Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 08 Desember 2021 15:13
Jakarta:  Kuliah di luar negeri dan berkesempatan mendapatkan banyak pengalaman merupakan impian bagi banyak orang. Namun, melanjutkan kuliah di negeri orang tentu tidak hanya butuh sekadar keinginan belaka, ada beberapa fondasi dan persiapan yang harus kamu lakukan untuk mendukung sebuah mimpi dan keinginan.
 
Untukmu yang sedang menyusun rencana melanjutkan studi di luar negeri, jangan lewatkan lima persiapan kuliah di luar negeri yang dikutip dari laman Cakap.com:

Susun Rencana yang Matang

Segala hal yang akan dilakukan pasti bermula dari sebuah perencanaan, meski kadang juga ada beberapa hal yang terjadi secara kebetulan. Namun, jika hal yang dimaksud adalah kuliah di luar negeri, tentu kamu harus membuat rencana yang matang agar yang kamu inginkan dapat terlaksana dengan baik. 
 
Hal penting yang harus kamu lakukan dalam perencanaan ini adalah, mencari tahu negara tujuan, universitas, dan jurusan  yang kamu inginkan. Setelah memutuskan negara dan universitas tujuan, pastikan kamu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.

Persiapkan Biaya Hidup dengan Baik

Biaya adalah hal utama yang harus menjadi concern saat membuat persiapan kuliah di luar negeri. Melanjutkan kuliah di luar negeri tentu membutuhkan biaya hidup yang tidak sedikit. Kamu perlu menyiapkan biaya kuliah, akomodasi, tempat tinggal, biaya sehari-hari, dan beberapa biaya yang tak terduga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Beasiswa Ajinomoto ke Jepang Kembali Dibuka
 
Jadi, jika kamu berencana kuliah di luar negeri, persiapkan biaya secara matang dan jauh-jauh hari. Atau kamu bisa mencari cara agar bisa kuliah di luar negeri secara gratis dengan beasiswa.

Pastikan Kelengkapan Dokumen 

Sebelum mendaftar kuliah di luar negeri, pastikan kamu sudah melengkapi dokumen-dokumen pendukung. Cari tahu dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat masuk ke universitas yang kamu tuju.
 
Biasanya ada banyak persyaratan yang meliputi motivation letter dan recommendation letter. Dalam proses admisi di perguruan tinggi luar negeri (program exchange, degree, maupun short course), biasanya juga disyaratkan sertifikat bahasa Inggris, TOEFL atau IELTS. 
 
Jangan lupa juga untuk menyiapkan paspor dan visa. Apabila persiapan kuliah di luar negeri yang satu ini sudah beres, maka berarti kamu sudah melewati satu step penting menuju mimpimu.

Belajar Bahasa dan Budaya Negara Tujuan

Bahasa dan budaya menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan saat berbicara mengenai persiapan kuliah di luar negeri. Bahasa sangat penting untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman-teman di sana.
 
Baca juga:  Dosen Psikologi Unair Beberkan 3 Ciri Orang Berisiko Psikosis
 
Apalagi jika kamu memilih negara yang menggunakan bahasa pengantar tertentu (selain bahasa Inggris), kamu harus ekstra belajar bahasa baru.  Meskipun kamu tinggal di negeri orang, kamu harus ingat bahwa “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.” Jadi, kamu perlu belajar sedikit-sedikit tentang budaya di negara baru yang kamu tuju.

Mengetahui Cara Mengatasi Homesickness

Persiapan kuliah di luar negeri yang terakhir ini harus banget kamu tahu! Siapa sih yang nggak homesick saat bertahun-tahun merantau mencari ilmu di negeri yang jauhnya beribu-ribu kilometer dari keluarga, teman, dan saudara? Nah untuk itu, kamu harus tahu cara mengatasi homesickness dengan baik. 
 
Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk bisa berkomunikasi dengan mereka melalui telepon, video call, atau Skype. Selain itu, kamu juga bisa mengatasi homesickness dengan cara mengikuti komunitas kampus dan bergabung dengan komunitas pelajar-pelajar Indonesia di Luar negeri.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif