Ilustrasi/Pexels
Ilustrasi/Pexels

Intip 4 Cara Menulis Esai Beasiswa LPDP yang Baik

Medcom • 22 Juni 2022 19:00
Jakarta:  Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Tahap 2 akan dibuka mulai 4 Juli 2022. Salah satu persyaratan yang mesti disertakan untuk mendaftar program ini adalah esai.
 
Bukan sembarang tulisan, esai untuk melamar Beasiswa LPDP harus memuat sejumlah materi penting. Beberapa di antaranya, deskripsi diri pelamar, menjabarkan solusi atas isu penting di Indonesia, serta bagaimana pelamar akan berkontribusi dengan ilmu yang diambil.
 
Dikutip dari akun Instagram @schoters, setidaknya ada empat cara yang dapat diterapkan untuk menyusun esai Beasiswa LPDP agar hasilnya lebih maksimal. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Deskripsikan diri

Hal pertama yang perlu dituliskan dalam esai adalah deskripsi diri. Namun, informasi yang disampaikan pada perkenalan tersebut bukan bersifat personal, melainkan terkait dengan riwayat pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Poin penting yang wajib dicantumkan dalam esai, antara lain perkenalan diri, latar belakang akademik, pekerjaan dan riset, serta pencapaian yang relevan.

2. Jabarkan isu penting di Indonesia beserta solusinya

Selanjutnya, jabarkan salah satu isu penting di Indonesia beserta solusi untuk mengatasinya. Bagian ini akan menjadi tolok ukur bagi reviewer untuk menilai kemampuan problem-solving pelamar.
 
Untuk itu, jelaskan secara detail hal apa yang bisa diperbuat demi mengatasi isu tersebut. Penjelasan ini tentunya harus relevan dengan program dan pengalaman yang dimiliki atau yang akan dipelajari.

3. Jelaskan kontribusi dari ilmu yang diambil

Pemaparan mengenai kelebihan jurusan dan universitas tujuan bisa menjadi pelengkap untuk pembahasan sebelumnya. Jelaskan bahwa ilmu yang bakal diambil akan sangat berguna untuk mengatasi isu tersebut.

4. Ceritakan soal mimpi, peran, dan cara mewujudkannya

Bagian terakhir ini harus memuat antusiasme pelamar untuk berkontribusi di Indonesia, mimpi terkait masa depan Indonesia, serta peran pelamar dalam mewujudkannya. Hal ini bisa dituangkan dengan mendeskripsikan tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang.
 
Tujuan tersebut bisa ditulis menggunakan teknik SMART, yaitu spesifik (spesific), terukur (measurable), dapat dicapai (achievable), realistis (realistic), dan tepat waktu (timely).
 
Itulah empat cara menyusun esai untuk melamar Beasiswa LPDP. Selagi masih ada waktu sebelum pendaftaran dibuka, sebaiknya persiapkan esai dari sekarang agar hasilnya semakin maksimal. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca juga:  Kenali 3 Pintu Utama untuk Raih Beasiswa LPDP, Kamu Pilih yang Mana?
 
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif