Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Ilustrasi kuliah. Medcom.id

Mau Beasiswa Kuliah di Luar Negeri? Ini Hal-hal yang Mesti Disiapkan

Renatha Swasty • 16 Maret 2022 17:23
Jakarta: Banyak hal mesti dipersiapkan untuk kuliah s2 di luar negeri. Persiapan baiknya dimulai sedini mungkin.
 
Hal ini diungkap konsultan dari Schoter, Datin Tarina Alysa dalam webinar 'Tips dan Trik Persiapan S2 di Luar negeri' kerja sama Prodi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Lembaga Bimbingan Studi Luar Negeri, Schoters. Peraih beasiswa S2 double degree di Ruskin University UK dan University of Jyvaskyla Finland itu menyebut persiapan mesti sedini mungkin.
 
"Ada berbagai jenis beasiswa luar negeri yang ditawarkan baik full scholarship, seperti Fulbright dan Erasmus, maupun partial scholarship," kata mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan Doktoral di Mahido University Thailand itu dikutip dari laman uny.ac.id, Rabu, 16 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alysa memaparkan hal pertama dalam proses pendaftaran beasiswa ialah mencari tahu informasi tentang beasiswa sebelum mendaftar ke universitas. Hal ini untuk mengetahui persyaratan yang diperlukan dalam beasiswa yang dituju.
 
"Mengingat setiap tipe beasiswa memiliki kualifikasi yang berbeda-beda," tutur dia.
 
Alysa menyebut baiknya untuk mendapatkan beasiswa dimulai sedini mungkin. Di awal semester, mahasiswa bisa memulai dengan aktif mengikuti organisasi maupun kegiatan volunteer dan mempertahankan IPK di atas 3,00.
 
Kemudian, di semester pertengahan, mahasiswa mulai bisa mempersiapkan kemampuan bahasa asing. Misalnya mengambil les bahasa Inggris dan menentukan jurusan yang akan diambil.
 
"Kemudian di semester akhir, mahasiswa dapat mempersiapkan dokumen untuk apply beasiswa dan kampus," tutur dia.
 
Baca: Simak 5 Beasiswa Kuliah di Korea Selatan untuk Jenjang S1 Hingga S3
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif