Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Intip Inovasi dan Peluang Karier di Perusahaan Digital

Arga sumantri • 13 Januari 2022 12:09
Jakarta: Associate Vice President, Business and Operations Ruangguru Hadi Wijaya memaparkan bagaimana perusahaan-perusahaan digital berinovasi dalam perkembangannya. Perusahaan-perusahan digital itu dinilai mampu membaca perkembangan teknologi di abad ke-21 yang begitu terakselerasi dan eksponensial. 
 
Mengutip prediksi Harari di bukunya Homo Deus, Hadi percaya bahwa dunia akan semakin dikendalikan oleh algoritma komputer. Bahkan, di 2020 silam, lima perusahaan terbesar di dunia semuanya bergerak di dunia teknologi digital.
 
"Digitalisasi hampir seluruh aspek di kehidupan manusia kemudian dipercepat oleh kehadiran pandemi covid-19. Potensial untuk dunia digital dalam meningkatkan harkat hidup masyarakat juga semakin besar," ujar Hadi melansir Ruangguru, Kamis, 13 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hadi juga menambahkan, produk yang ditawarkan oleh perusahaan digital terus berkembang melalui berbagai langkah inovasi. Mulai dari sayembara desain produk dan resep makanan/minuman seperti yang diberlakukan LEGO dan Starbucks. Kolaborasi dan ko-kreasi untuk meningkatkan jangkauan pasar seperti MCDxBTS Meal dan produk KFC Cheetos.
 
Tapi, kata dia, yang lumrah digunakan oleh perusahaan digital, terutama perusahaan big data, adalah me too strategy. Misalnya, TikTok yang mempionirkan fitur video pendek di sosial media.
 
"Kini fitur tersebut juga dapat dinikmati di Instagram dan Youtube. Dalam inovasi digital, pertanyaannya bukan lagi terkait keaslian ide, namun seberapa konsumen dapat menikmati realisasi dari ide-ide tersebut," tutur Hadi. 
 
Baca: Lanjut S2? Pelajari Dulu Perbedaan Master by Research atau Coursework
 
Untuk menerapkan arah gerak inovatif tersebut, Hadi menjelaskan bahwa elemen-elemen perusahaan harus lebih berkolaborasi antar sektor. Dalam perusahaan yang customer-centric, skenario problema yang didapatkan dari konsumen pasti intersektoral. Ia menambahkan bahwa perusahaan hendaknya memiliki tim-tim kerja dari berbagai sektor, seperti marketing, internal, dan desain kreatif. 
 
"Karena kunci dari perusahaan inovatif adalah bukan seberapa sempurna kita membangun sebuah produk, namun seberapa cepat kita bisa menciptakan produk minimum untuk segera diluncurkan ke pasar," ujar petinggi Ruangguru itu.
 
Hadi menekankan semakin berkembangnya perusahaan digital yang inovatif ini menjadikan karier yang berhubungan dengan teknologi seperti data analyst, software developer, dan graphic designer begitu strategis. Ditambah pula, skenario-skenario tantangan dan problema yang dihadapi dalam alur karier ini begitu interdisipliner dan intersektoral.
 
"Untuk itu, para Gen-Z harus siap untuk belajar berbagai banyak hal, dan di saat yang bersamaan menentukan spesialisasi kemampuan kalian," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif