Fungsi kerongkongan dalam sistem pencernaan makanan manusia
Fungsi kerongkongan dalam sistem pencernaan makanan manusia

Sistem Pencernaan Makanan Manusia: Fungsi Kerongkongan dan Bagiannya

Muhammad Syahrul Ramadhan • 23 Mei 2022 15:40
Jakarta: Kerongkongan (esofagus) merupakan bagian dari sistem pencernaan makanan manusia. Kerongkongan merupakan organ yang berperan sebagai tempat jalannya makanan menuju ke lambung.
 
Dikutip dari Sumber Belajar Kemendikbud, panjang kerongkongan sekitar 25 cm. Pangkalnya adalah di leher, di belakang tenggorok, kemudian di daerah dada di belakang jantung, menembus sekat rongga badan di depan tulang belakang dan bermuara dalam lambung.

Bagian-bagian kerongkongan

Berikut ini anatomi kerongkongan seperti dikutip Medcom.id dari laman Hello Sehat:

Epiglotis

Epiglotis atau katup pernapasan terletak di pangkal tekak (faring). Fungsinya untuk menutup ujung saluran pernapasan (laring) agar makanan tidak masuk ke saluran pernapasan.

Dinding esofagus

Selanjutnya ada dinding esofagus. Bagian ini tersusun dari berlapis-lapis otot yang sama dengan lapisan lambung dan usus. Berikut lapisan otot penyusun esofagus dari luar ke dalam:

Adventitia

Lapisan terluar yang tersusun atas jaringan ikat. Adventitia berakhir pada bagian ujung kerongkongan yang berbatasan dengan lambung.

Dinding otot

Ada dua macam lapisan otot esofagus, yaitu otot memanjang pada bagian luar dan otot melingkar pada bagian dalam.

Submukosa

Pada lapisan ini terdapat kelenjar yang menghasilkan lendir. Lendir berfungsi sebagai pelumas yang memudahkan gerakan makanan.

Mukosa

Lapisan paling dalam yang tersusun dari sel-sel epitel bertingkat.
 
Dalam esofagus terdapat gerak peristaltik yang merupakan gerakan meremas dan mendorong. Gerak ini dihasilkan dari kontraksi dan relaksasi otot-otot lapisan esofagus. Adapun fungsi gerak peristaltik ini membantu makanan bergerak menuju lambung. Gerak yang sama juga terjadi di usus halus dan usus besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif