Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Mengenal Apostille Dokumen, Prasyarat Lamaran Beasiswa Luar Negeri

Medcom • 19 Mei 2022 19:07
Jakarta:  Salah satu prasyarat yang kerap diminta ketika melamar beasiswa ke luar negeri adalah apostille atau legalisasi dokumen. Namun, tahukah Sobat Medcom, sebenarnya apa itu apostille?
 
“Apostille adalah pengesahan dokumen oleh lembaga resmi negara (di Indonesia berarti Kemenkumham dan Kemenlu) hingga akhirnya dapat diakui oleh negara tertentu,” dikutip dari Instagram @kobieducation, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Cara melegalisasi dokumen ini terdiri dari empat tahap. Pertama, dokumen diterjemahkan ke bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya oleh sworn translator atau penerjemah tersumpah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila penerjemahan dokumen bukan dilakukan oleh sworn translator, maka harus dilegalisasi oleh notaris. Pengerjaan legalisasi ini biasanya memakan waktu selama satu sampai tujuh hari, tergantung tiap notaris.
 
Kabar baiknya, kini tak perlu bingung mesti melegalisasi dokumen ke notaris mana. Sebab, daftar notaris bisa dilihat sendiri melalui laman https://www.atrbpn.go.id/?menu=daftarPPAT. 
 
Usai semua dokumen diterjemahkan dan dilegalisasi, tahap selanjutnya ialah mendaftarkannya ke Kemenkumham. Pendaftaran dilakukan melalui laman https://legalisasi.ahu.go.id/permohonan-legalisasi/index. 
 
Buatlah akun terlebih dahulu, kemudian unggah berkas-berkas yang mesti dilegalisasi Kemenkumham dan tunggu sekitar satu sampai tiga hari. Dokumen yang telah selesai dilegalisasi bakal ditempelkan stiker di bagian belakangnya.
 
Tahap selanjutnya adalah mengajukan dokumen ke Kemenlu. Dokumen yang sudah ditempeli stiker dari Kemenkumham bisa langsung diunggah ke aplikasi khusus.
 
Aplikasi bertajuk “STEMPEL ASLI” itu bisa diunduh di Play Store. Masukkan data dan verifikasi dokumen lewat aplikasi tersebut, kemudian tunggu selama dua hari. Setiap dokumen dikenakan biaya sebesar Rp25.000.
 
Terakhir, ajukan dokumen ke kedutaan negara yang dituju. Pengajuan ini bisa dilakukan secara online ataupun dibawa langsung ke kantor kedutaan. Waktu pengerjaannya diestimasikan hanya satu hari.
 
Baca juga:  Pekerja, Ada Beasiswa Menarik dari Hubert H Humphrey! Cek Syarat dan Cara Daftar
 
Jangan lupa siapkan sejumlah uang, sebab proses ini dikenakan biaya dengan tarif berbeda, tergantung kebijakan tiap kedutaan negara. Besaran pastinya bisa dicek di situs resmi kedutaan masing-masing negara. (Nurisma Rahmatika)
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif