Planet Jupiter. Foto: Live Science
Planet Jupiter. Foto: Live Science

Terungkap! Ini Kenapa Jupiter Jadi Planet Terbesar di Tata Surya

Sri Yanti Nainggolan • 24 Juni 2022 18:22
Jakarta: Sebuah penelitian menyebutkan bahwa planet Jupiter membesar dengan cara memakan planet-planet kecil di sekitarnya. Hal ini berasal dari atmosfer planet tersebut yang terlihat berawan. 
 
"Jupiter adalah salah satu planet pertama yang terbentuk di tata surya kita," ucap pemimpin peneliti Yamila Miguel, seorang astrofisikawan di Universitas Leiden di Belanda, dilansir dari Live Science. 
 
Dijelaskan bahwa Jupiter kemungkinan adalah bola gas yang berputar, namun planet itu terus mendapatkan material berbatu sehingga membuatnya membesar. Selain itu, adanya gravitasi dari Jupiter juga membuat sejumlah gas dari jarak jauh, seperti hidrogen dan helium, untuk membentuk atmosfer palnet itu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat dua teori yang bersaing tentang bagaimana Jupiter berhasil mengumpulkan material batuan awalnya. Teori pertama, Jupiter mengumpulkan miliaran batuan ruang angkasa yang lebih kecil, yang oleh para astronom disebut kerikil, meskipun batu-batu ini kemungkinan berukuran lebih dekat dengan batu daripada kerikil yang sebenarnya. 
 
Baca: Melihat Fenomena Langka Konjungsi Agung Jupiter-Saturnus
 
Teori yang berlawanan, yang didukung oleh temuan dari studi baru, adalah bahwa inti Jupiter terbentuk dari penyerapan banyak planetesimal, batuan ruang angkasa besar yang membentang beberapa mil. Batuan itu berpotensi menjadi benih dari planet-planet berbatu yang lebih kecil, seperti Bumi atau Mars, yang bisa berkembang.
 
Namun, hingga saat ini belum dapat dikatakan secara pasti mana dari teori-teori tersebut yang benar. 
 
"Karena kita tidak dapat secara langsung mengamati bagaimana Jupiter terbentuk, kita harus menyatukan potongan-potongan itu dengan informasi yang kita miliki saat ini," simpul Miguel. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif