Banyak pekerjaan yang membuka posisi digital marketing. Tetapi, perusahaan juga tidak akan sembarangan memilih pekerja untuk menjalankan posisi tersebut. Maka dari itu, belajar dalam hal bidang marketing, khususnya digital, sangat penting.
Dosen Jurusan Business and Entrepreneurship i3L School of Business (iSB) Elita Jessamine Chandra mengatakan, dengan adanya digital marketing, perusahaan bisa menjalankan strategi pemasaran melalui sebuah platform teknologi digital dengan penargetan pemirsa yang lebih akurat serta terarah.
"Bukan hanya itu, belajar internet marketing dalam tingkat lebih lanjut juga bisa menganalisa siapa yang menjadi audience utama dari tiap iklan yang ditayangkan pada platform Ads, sehingga dapat meminimalisasi biaya campaign iklan," ujar Elita melalui keterangan tertulis, Selasa, 24 Agustus 2021.
Baca: Cek Bimbel Smarrt, Ada Paket Komplit Persiapan Menembus Beasiswa OSC Medcom.id
Elita menjelaskan empat hal mengapa perlu mempelajari digital marketing. Berikut uraiannya:
1. Pengguna Internet Mobile Terus Meningkat
Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu. Dengan mengintegrasikan pemasaran keseluruhan dengan pemasaran digital dapat menjangkau target konsumen di seluruh platform online, melalui situs web, email, SMS dan MMS, media sosial, dan aplikasi.2. Bersaing Dengan Kompetitor
Setiap pembisnis pasti ingin lebih unggul dibandingkan dengan kompetitornya. Dengan adanya Digital marketing, maka pelaku bisnis dapat menemukan market yang lebih luas sesuai dengan segmentasi pasar yang telah ditentukan.Digital marketing juga bisa membuat daftar perusahaan dengan target audiens yang sama, mulai dari jenis produk yang mereka promosikan di media sosial dan website, cara mereka menyelenggarakan campaign digital, apakah menggunakan influencer untuk melakukan promosi atau tidak, dan sebagainya.
Paling penting, jika mempunyai skill ini maka tidak perlu lagi mencari-cari marketing agency untuk melakukan branding terhadap bisnis kalian.
Baca: Fresh Graduate, Ini Tips Membangun Relasi agar Mudah Cari Kerja
3. Membuka Peluang Karier Masa Depan
Digital marketing merupakan salah satu spesialisasi yang sangat dicari saat ini, Jika menguasai digital marketing, maka akan menjadi orang-orang yang dicari untuk mendapatkan posisi pekerjaan.Saat ini sudah banyak perusahaan besar melirik pasar digital maka tak heran banyak sekali lowongan dengan kualifikasi memiliki skill digital marketing. Banyak penawaran untuk posisi digital marketer, internet marketer, online marketing specialist, SEO expert, content production, consultan marketing dan sebagainya. "Artinya ini peluang bagus untuk masa depan," ungkapnya.
4. Metode Pemasaran dengan Penggunaan Digital Lebih Efektif
Metode pemasaran secara digital jauh berbeda dengan cara konvensional. Saat ini, masih banyak orang yang masih menggunakan billboard atau brosur untuk meningkatkan brand awareness dalam pemasaran suatu barang dan jasa.Namun, upaya tersebut perlahan semakin tidak efektif lagi digunakan apalagi di era digital saat ini.
"Selain menghabiskan waktu dan biaya yang cukup besar, pemasaran konvensional ini juga tidak langsung menuju ke target sasaran pasar," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News