PIC Beasiswa Kemendikbudristek, Ratna Prabandari. Foto: Instagram
PIC Beasiswa Kemendikbudristek, Ratna Prabandari. Foto: Instagram

Rawan 'Gugur', Ini Tips Lolos Wawancara Seleksi Beasiswa Pendidikan Indonesia

Pendidikan pendidikan Beasiswa beasiswa osc Tips Pendidikan Beasiswa Pendidikan Indonesia
Ilham Pratama Putra • 11 Mei 2022 14:51
Jakarta:  Dalam Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) hanya memberlakukan dua model seleksi. Pertama seleksi administrasi dan kedua seleksi wawancara.
 
Person in Charge (PIC) Beasiswa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Ratna Prabandari menyebut meski tahapan seleksi tidak sebanyak yang ada di beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) namun nyatanya banyak peserta yang gugur pada tahap seleksi wawancara.  Salah satunya adalah karena para pendaftar tidak mengenal jurusan yang dipilih.
 
"Banyak teman-teman itu gagal saat wawancara. Kalau seleksi administrasi itu kan basically hanya seputar dokumennya lengkap dan sesuai atau tidak," kata Ratna dalam siaran live Instagram OSC Talks special Hardiknas di akun @beasiswaosc yang dikutip Rabu, 11 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, guna menembus Beasiswa Pendidikan Indonesia ia meminta peserta untuk lebih siap menghadapi proses wawancara tersebut. Utamanya ketika menghadapi pertanyaan jurusan yang diambil.
 
"Ketika dicecar mengapa ambil jurusan psikologi misalnya, dia enggak tahu atau pengetahuan dasar soal jurusannya dia kurang," terang dia.
 
Baca juga:  Beasiswa Pendidikan Indonesia Sediakan 3.500 Kuota, Guru Buruan Daftar!
 
Begitu pula ketika ditanya, kampus pilihan. Banyak dari peserta tak bisa memberikan alasan yang baik ketika memilih kampus.
 
"Kenapa harus kampus yang ini, padahal kampus itu lebih bagus misalnya. Dia tidak bisa menggambarkan kenapa dia harus kuliah di kampus tersebut. Kebanyakan teman-teman gugurnya di situ. Jadi kadang dengan lugunya dia bilang kata dosen saya bagus di situ. Jadi minimal kamu harus tahu itu apa dan kenapa harus ada di sana dari diri sendiri," tutup dia.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif