Ilustrasi Kerja (Rawpixel.com/Unsplash.com)
Ilustrasi Kerja (Rawpixel.com/Unsplash.com)

Mahasiswa Wajib Tahu, Ini Perbedaan CV, Resume, dan Portofolio

Pendidikan lowongan kerja Pendidikan Tinggi tips bekerja
Muhammad Syahrul Ramadhan • 01 Maret 2021 17:07
Jakarta: Mahasiswa atau fresh graduate (lulusan baru) wajib tahu apa itu curriculum vitae (CV), resume dan Portofolio. Kenapa? Ketiganya merupakan salah satu syarat penting ketika ingin melamar kerja.
 
Apalagi, masih sering ditemui pelamar kerja membuat cv, resume dan portofolio dengan isi yang persis sama.  Lalu apa perbedaan dari ketiganya?
 
Berikut penjelasan perbedaan cv, resume dan portofolio yang dikutip dari akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi @dirjen.dikti:

1. Curriculum Vitae (CV)

CV adalah daftar riwayat hidup yang memuat isi data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan secara rinci.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara bentuk, CV bisa didesain secara kreatif bahkan berwarna agar eye catching alias menarik. Untuk jumlah halamannya bisa lebih dari satu halaman.
 
Sedangkan untuk isi, CV ini berisi  informasi deskriptif dan lengkap terhadap perjalanan karier. Untuk urutannya mesti komprehensif, menjabarkan riwayat akademik, kemampuan, pengalaman dan kualifikasi.
 
Fungsinya dapat digunakan untuk melamar kerja dan keperluan akademis.
 
Baca: 7 Alasan Memilih Kuliah di Prodi Teknologi Hasil Perairan IPB

2. Resume

Resume adalah gambaran singkat tentang pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang relevan. Secara bentuk lebih ringkas ketimbang CV.
 
Cukup satu halaman dan isinya terdiri dari pas foto, informasi identitas diri, informasi spesifik sesuai dengan posisi yang dilamar. Selain itu resume juga berisi informasi pengalaman kerja, penjelasan skill singkat, penjelasan kualifikasi.
 
Secara desain, resume lebih sederhana yang terpenting adalah kejelasan informasi.
 
Resume fungsinya hanya digunakan untuk melamar pekerjaan.

3. Portofolio

Portofolio adalah kumpulan dokumen yang berisi hasil karya terbaik yang dilampirkan untuk menambah penilaian perusahaan perihal skill dan kualifikasi seseorang.
 
Portofolio, secara desain sama dengan CV. Bisa bebas dan kreatif.
Untuk isinya adalah daftar isi, CV atau resume, serta hasil karya dan deskripsi.
 
Dokumen juga berisi hasil karya sesuai dengan bidang atau posisi yang dilamar. Semua karya mesti diberikan penjelasan dan ulasan secara lengkap dan komprehensif. Jumlah halaman menyesuaikan karya yang dicantumkan.
 
Fungsinya, dapat digunakan untuk melamar kerja dan keperluan akademis yang membutuhkan keterampilan khusus (desain grafis, fotografi, karya tulis, program aplikasi dan lain sebagainya).
 
Itu tadi perbedaan CV, resume dan portofolio. Pada tahap melamar kerja ketiganya merupakan salah satu syarat penting yang selalu ada untuk memenuhi tahap seleksi administrasi.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif