Ilustrasi. Dok Pexel.com
Ilustrasi. Dok Pexel.com

Simak, Ini Contoh Surat Keterangan Kerja

Arga sumantri • 18 November 2021 14:51
Jakarta: Saat kita mengurus keperluan tertentu, terdapat cukup banyak dokumen yang harus dipenuhi. Salah satu, di antaranya adalah melampirkan Surat Keterangan Kerja.
 
Apa yang dimaksud Surat Keterangan Kerja, dan kapan dokumen tersebut dibutuhkan? Untuk apa? Serta, bagaimana contoh dari Surat Keterangan Kerja? Berikut adalah ulasan lengkap yang perlu kamu ketahui tentang Surat Keterangan Kerja.
 
Apa Itu Surat Keterangan Kerja?

Sesuai dengan namanya, Surat Keterangan Kerja adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berisi tentang pernyataan keterangan kerja dari karyawan di perusahaan tersebut. Surat Keterangan Kerja ini biasanya disusun oleh bagian Human Resource Department (HRD) dari perusahaan dan disusun sesuai dengan kebutuhan dari pembuatan surat.
 
Surat Keterangan Kerja pada dasarnya memiliki struktur isi yang mirip dengan Surat Pengalaman Kerja atau Paklaring. Yang menjadi pembedanya adalah status kepegawaian dari karyawan. Jika Surat Keterangan Kerja dibuat saat karyawan masih aktif bekerja, sebaliknya Paklaring dibuat setelah karyawan tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.
 
Baca: BPDPKS Diseminasikan Hasil Riset Sawit Melalui PERISAI 2021
 
Tujuan dari masing-masing surat ini pun berbeda. Biasanya Paklaring dibuat sebagai surat pernyataan yang menjelaskan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan, dan sering digunakan untuk pengajuan pencairan BPJS Ketenagakerjaan.
 
Rerdapat beberapa fungsi dari Surat Keterangan Kerja, yakni:

1. Pencairan dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa dana JHT BPJS Ketenagakerjaan sebetulnya bisa dicairkan meski seseorang masih berstatus aktif bekerja di sebuah perusahaan. Untuk bisa mengajukan pencairan, salah satu syarat yang perlu dilampirkan adalah adanya Surat Keterangan Kerja.
 
Meskipun begitu, terdapat beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan yakni dana JHT BPJS hanya bisa dicairkan sebesar 30% jika digunakan untuk kebutuhan bantuan uang muka pembelian rumah. Sementara untuk kebutuhan lainnya adalah sebanyak 10%. Dan pencairan ini hanya bisa dilakukan jika peserta tercatat minimal sudah 10 tahun bergabung sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

2. Pengajuan Beasiswa

Surat Keterangan Kerja juga menjadi salah satu syarat yang perlu dilampirkan jika ingin mengajukan beasiswa. Beasiswa di sini adalah beasiswa yang ditujukan untuk karyawan aktif seperti dosen di perguruan tinggi misalnya.
 
 

3. Pendaftaran Mahasiswa

Saat sudah bekerja, mungkin kamu berpikir untuk melanjutkan pendidikan tinggi baik itu untuk jenjang S1, S2, atau S3. Oleh karena itu, terdapat banyak perguruan tinggi yang membuka program Kelas Karyawan untuk seseorang yang ingin kuliah sambil bekerja. Beberapa dari perguruan tinggi meminta kepada calon mahasiswanya untuk melampirkan Surat Keterangan Kerja sebagai salah satu syarat untuk bisa mendaftar di perguruan tinggi tersebut.

4. Pengajuan Kredit di Bank

Untuk bisa memperoleh pinjaman atau kredit dari bank, misalnya untuk pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), melampirkan Surat Keterangan Kerja menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Jika kamu mengajukan kredit dengan status sebagai karyawan, pihak bank akan meminta surat ini sebagai bukti dari status yang kamu sebutkan tersebut.
 
Surat Keterangan Kerja menjadi dasar pertimbangan dari pihak bank untuk menentukan apakah calon kreditur layak mendapatkan kredit atau tidak. Tentu pihak bank butuh kepastian apakah calon krediturnya memiliki pemasukan rutin, sehingga dapat membayar angsuran dengan tertib.

5. Pengurusan NPWP

Surat Keterangan Kerja juga dibutuhkan saat membuat kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Dengan memiliki surat ini, proses pembuatan NPWP akan lebih mudah dan cepat. Surat ini digunakan untuk memvalidasi apakah calon wajib pajak sudah memiliki penghasilan atau tidak.

6. Pengurusan Visa

Surat Keterangan Kerja adalah salah satu dokumen yang harus dilampirkan untuk pengajuan visa dari beberapa negara untuk seseorang yang memiliki status pekerja atau karyawan. Usahakan Surat Keterangan Kerja yang dibuat masih update atau tidak lebih dari 30 hari dari waktu pengajuan visa tersebut.

7. Persyaratan Melamar Kerja

Tentu saja surat ini juga bisa menjadi dokumen pelengkap sebagai bukti saat seseorang ingin melamar pekerjaan baru. Surat Keterangan Kerja berfungsi untuk memberikan gambaran riwayat pekerjaan seseorang di perusahaan sebelumnya.
 
Informasi Apa Saja yang Dicantumkan dalam Surat Keterangan Kerja?
Berikut adalah beberapa informasi yang perlu dicantumkan di dalam Surat Keterangan Kerja.
  1. Kop Surat Resmi Perusahaan
  2. Nama Karyawan
  3. Jabatan Karyawan
  4. Nomor Identitas
  5. Alamat
  6. Pernyataan dari Perusahaan tentang Karyawan
  7. Penilaian dari Atasan
  8. Lama Waktu Bekerja
  9. Tanda Tangan dan Cap Perusahaan
Contoh Surat Keterangan Kerja
 
Karena surat ini merupakan jenis surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan, oleh karena itu terdapat Kop Surat Resmi Perusahaan pada bagian atas surat. Selain itu, surat juga perlu dibubuhkan tanda tangan dan cap perusahaan. Berikut adalah salah satu contoh isi dari Surat Keterangan Kerja yang umum ditemui.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(AGA)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan