Film Harry Potter. Foto: Warner Bros
Film Harry Potter. Foto: Warner Bros

5 Tips Belajar ala Hermione Granger, si Cerdas Sahabat Harry Potter

Citra Larasati • 04 Oktober 2022 13:15
Jakarta, Sobat Medcom penggemar film Harry Potter pasti nggak asing lagi dengan Hermione Granger. Nah iya, tokoh perempuan berambut ikal cokelat sahabat Harry Potter ini, terkenal karena kecerdasannya, Hermione Granger.
 
Hermione merupakan salah satu murid dari asrama Gryffindor di Sekolah Sihir Hogwarts. Di artikel kali ini, kita akan membagikan lima tips belajar ala Hermione Granger, si cerdas sahabat Harry Potter.

5 Tips Belajar ala Hermione Granger:

Hermione memiliki kemampuan akademis di atas rata-rata, dia sanggup menghafal pelajaran dan menguasai mantra lebih cepat dibandingkan dengan sahabat dan teman sekelasnya. Ingin tahu tips belajar apa saja yang dilakukan Hermione saat berada di Hogwarts? Yuk, simak artikel berikut ya!

1. Rajin Membaca

Saat kamu melihat scene pada film Harry Potter, sadar enggak kalau Hermione sering membawa buku kemana-mana? Sembari menunggu Harry dan Ron, dia biasanya menghabiskan waktunya dengan membaca buku.
 
Sebagai tokoh yang cerdas dan berpengetahuan luas, dia memang sangat antusias dan aktif saat kegiatan belajar di kelas. Hermione suka mencari pengetahuan baru seputar dunia sihir, jadi enggak heran kalau dia lebih tahu banyak mantra dan pandai membuat ramuan daripada Harry dan Ron.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nah, kebiasaan Hermione ini bisa kamu lakukan, lho. DIlansir dari laman Ruangguru, agar wawasanmu bertambah, yuk mulai sekarang luangkan waktumu sekitar 10 menit untuk membaca buku.
5 Tips Belajar ala Hermione Granger, si Cerdas Sahabat Harry Potter
Ilustrasi: Medcom.id

2. Rajin Membuat Catatan

Selain rajin membaca, ternyata Hermione juga rajin membuat catatan. Dia selalu mencatat hal-hal yang dianggap penting dan menyimpan catatan itu dengan baik. Dengan mencatat, otak kita akan lebih mudah menyerap materi yang dipelajari dibandingkan dengan membaca atau mendengarkan. Agar catatanmu mudah diingat, kamu bisa memberi warna pada bagian yang kamu anggap penting.

3. Membuat Jadwal Belajar

Salah satu kebiasaan belajar Hermione selanjutnya adalah membuat jadwal belajar. Hal tersebut dia lakukan untuk menentukan kapan dia harus belajar, berapa lama dia harus belajar, dan apa saja yang harus dipelajari. 

4. Terus Berlatih

Pada salah satu scene film Harry Potter, Hermione pernah mengatakan pada Harry dan Ron, jika mereka tidak akan pernah bisa melafalkan mantra apabila belum bisa mengayunkan tongkat sihir dengan benar. Dari scene tersebut, kita bisa tahu kalau kamu mau berlatih dari materi yang paling dasar terlebih dahulu, nantinya kamu akan bisa memahami materi tersebut. Jadi, teruslah berlatih sampai kamu benar-benar telah menguasai materi itu ya.

5. Tetap Istirahat di Sela-sela Belajar

Tidak melulu belajar, Hermione juga punya waktu untuk istirahat kok. Waktu istirahatnya dia gunakan untuk bermain bersama Harry dan Ron.
 
Untuk meningkatkan produktivitas belajar, kamu juga perlu istirahat, lho. Saat kamu mulai tidak fokus belajar, kamu bisa istirahat sejenak dengan keluar rumah untuk menghirup udara segar, melakukan sedikit olahraga, atau bahkan tidur sebentar.
Baca juga: Metode Membaca Nyaring Bantu Tumbuhkan Minat Baca dan Literasi Anak

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif