Menristek Bambang Brodjonegoro saat kunjungan kerja di Unhas Makassar. Foto: Dok Kemenristek.
Menristek Bambang Brodjonegoro saat kunjungan kerja di Unhas Makassar. Foto: Dok Kemenristek.

Peleburan Kemenristek ke Kemendikbud Diharapkan Tak Ganggu Agenda Riset

Pendidikan Kebijakan pendidikan Hilirisasi Riset Bambang Brodjonegoro
Ilham Pratama Putra • 09 April 2021 20:00
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro berharap masa transisi peleburan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjalan mulus. Kelancaran masa transisi menjadi penting karena berkaitan dengan nasib agenda riset nasional.
 
"Intinya, ya kita harapkan, masa transisinya bisa mulus sehingga tidak mengganggu agenda-agenda riset yang menjadi prioritas," kata Bambang kepada wartawan saat kunjungan kerja di Universitas Hasanuddin, Makassar, Jumat, 9 April 2021.
 
Bambang mengatakan, saat ini banyak riset yang sedang berjalan di Kemenristek. Banyak pula agenda-agenda riset yang sudah disusun dan mesti diselesaikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut kebijakan ini merupakan wewenang Presiden Joko Widodo. Presiden pula yang akan menyampaikan pengumuman peleburan Kemenristek ke dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
 
Baca: Pamit, Menristek Kenang Kunjungan Kerja Pertama dan Terakhirnya di Unhas
 
Rapat Paripurna DPR menyetujui Surat Presiden (Surpres) Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian yang sebelumnya telah dibahas dalam Rapat Konsultasi Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada Kamis, 8 April 2021. Salah satunya, terkait penggabungan tugas dua kementerian.
 
Surpres ini berkaitan penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud.
 
Dengan keputusan ini, DPR merestui penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud. Nomenklatur pun akan berubah menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
 
Kemenristek selama ini bertautan dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Lembaga BRIN disebut akan menjadi badan otonom serupa Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif