GeNose inovasi UGM untuk alat deteksi covid-19 dengan menggunakan embusan napas. Foto: Dok. Kemenristek
GeNose inovasi UGM untuk alat deteksi covid-19 dengan menggunakan embusan napas. Foto: Dok. Kemenristek

Biaya Tes Covid-19 GeNose Hanya Rp15 Ribu

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian GeNose UGM
Ilham Pratama Putra • 05 Januari 2021 10:03
Jakarta: Alat pendeteksi covid-19 dari Universitas Gadjah Mada (UGM), GeNose siap diedarkan dan dipasarkan. Biaya untuk satu kali tes alat deteksi covid-19 melalui embusan napas ini hanya berkisar Rp15 hingga Rp25 ribu.
 
"Per pengujian, per satu tesnya untuk satu orang ya Rp15 ribu sampai Rp25 ribu," kata Ketua tim pengembang GeNose, Kuwat Triyana kepada Medcom.id, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Biaya murah tersebut dipengaruhi oleh harga per unit GeNose yang juga tidak terlalu mahal. Satu unit GeNose UGM dibandrol dengan harga Rp62 Juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masuk akal toh, karena satu alat ini bisa 100.000 kali testing," sambung Kuwat.
 
Sebelumnya,  Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro, menyebutkan, sejatinya testing 100.000 kali itu tidak mutlak. Sebab alat tersebut bisa di-reset ulang untuk melakukan screening kembali dengan kemampuan yang sama.
 
Untuk sensitifitas mengenali virus, Bambang menyebut GeNose berada di angka 92 persen. Pun kecepatan deteksi hanya memakan waktu paling lama lima menit.
 
Baca juga:  Kemenristek Hibahkan GeNose UGM untuk Istana
 
Lebih lanjut, Kuwat memaparkan, harapan akurasi kemampuan GeNose bisa mencapai 99 persen. Sebab GeNose telah ditanam Artificial Inteligent (AI) untuk mengenali dan mempelajari sifat embusan nafas.
 
"AI itu kan dia kalau diulang-ulang (melakukan testing) dia akan semakin pinter. Dan kalau hasil GeNose itu negatif, insya Allah dia negatif (covid-19). Berapa persen keyakinannya? 96 persen saat ini, dan kita targetkan bisa sampai 99 persen. Nah kalau GeNose-nya positif, maka saat ini masih perlu konfirmasi ke PCR swab test," tutup Kuwat. 

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif