Kampus Universitas Indonesia (UI). Dok Humas UI.
Kampus Universitas Indonesia (UI). Dok Humas UI.

UI Gandeng Facebook Sinergikan Big Data untuk Riset Covid-19

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Antara • 16 Juni 2020 09:52
Depok: Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan Facebook Indonesia dalam pemanfaatan big data guna menganalisis situasi terkini masyarakat di tengah pandemi virus korona (covid-19). Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan Facebook sebagai mitra yang mendukung para peneliti UI dalam menghasilkan riset dan inovasi terkini di tengah suasana pandemi dan pembelajaran daring.
 
"Pemanfaatan big data memiliki peran penting dalam menganalisis situasi terkini terkait situasi covid-19 di masyarakat," kata Ari melansir Antara, Selasa, 16 Juni 2020.
 
UI siap memberikan sumbangsih pemikiran mengenai dampak dari kebijakan yang diambil pemerintah dengan penggunaan big data. Contohnya, pemanfaatan mahadata spasial untuk memetakan perjalanan, social distancing, dan penyebaran covid-19, evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kesehatan jiwa di Jabodetabek, dan dampak PSBB menuju era aman, sehat, dan produktif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ari, mahadata tersebut dimanfaatkan para peneliti lintas fakultas di UI yang tergabung ke dalam tim sinergi mahadata UI tanggap covid-19 di bawah koordinasi Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (DISTP UI).
 
"Data yang UI gunakan merupakan data yang sifatnya sudah publik, serta data controlled access yang telah dibuka oleh Facebook untuk UI," katanya.
 
Baca: Intip Sepuluh Tren Baru Teknologi untuk Peluang Startup
 
Mahadata Facebook bermanfaat bagi para peneliti UI yang tengah gencar melakukan studi mengenai covid-19 dan dampaknya di Indonesia. Pengintegrasian data ke dalam kajian riset dan inovasi UI diharapkan mampu membawa kesuksesan Indonesia di dalam mengatasi pandemi covid-19.
 
Sejumlah fakultas di UI yang akan memanfaatkan mahadata tersebut di antaranya adalah Fakultas Kedokteran (FKUI), Fakultas Teknik (FTUI), Fakultas Psikologi (FPsi UI), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI), Fakultas Ilmu Administrasi (FIA UI), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UI), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI).
 
Sementara itu, Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, Abdul Haris mengatakan dengan adanya big data, maka hasil kajian, riset dan inovasi UI diharapkan lebih komprehensif dan mampu menjawab atau memprediksi lebih akurat berkenaan perkembangan situasi covid-19. Sehingga sumbangsih pemikiran UI mampu memberikan masukan bagi pemerintah untuk membuat kebijakan dan peraturan serta membantu alokasi sumber daya baik pemerintah maupun swasta.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif