Penandatanganan perjanjian Lisensi antara LAPAN dengan PT. Marlin. Foto: BRIN
Penandatanganan perjanjian Lisensi antara LAPAN dengan PT. Marlin. Foto: BRIN

ZPPI, Aplikasi Pendeteksi Ikan Inovasi BRIN Mudahkan Nelayan saat Melaut

Citra Larasati • 27 November 2022 19:00
Jakarta:  Perkembangan teknologi yang kian pesat, telah merambah semua lini kehidupan manusia. Tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumtif, teknologi yang berubah wujud menjadi era digitalisasi kini menjadi kebutuhan berbagai profesi.
 
Nelayan, kini dapat menggunakan aplikasi pendeteksi ikan, dan fitur-fitur lainnya. Terkait hal tersebut, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Penginderaan Jauh, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa, melakukan perpanjangan Perjanjian Lisensi Paten dengan PT. Media Rekayasa Lintas (PT. Marlin).
 
Pemanfatan inovasi oleh PT. MARLIN, telah dilakukan melalui perjanjian Lisensi antara LAPAN dengan PT. Marlin yang berakhir pada 14 November 2022. Kemudian perjanijian lisensi diperpanjang, dan berlaku untuk periode lima tahun ke depan, yaitu 2022-2027.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekretaris Deputi Bidang Fasilitas Riset dan Inovasi BRIN Lindawati Wardhani mengatakan, inovasi Informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), merupakan satu inovasi yang dihasilkan oleh Pusat Riset Penginderaan Jauh, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa, BRIN.  Alat ini untuk memberikan kepastian lokasi penangkapan ikan kepada nelayan, berbasis data satelit penginderaan jauh.
 
"Inovasi ini, membantu nelayan dalam menentukan lokasi penangkapan ikan. Di samping itu, dapat menunjukan kondisi cuaca, tinggi gelombang, kecepatan angin, arah angin, dan jarak kapal ke posisi ikan,” kata Lindawati, Minggu, 27 November 2022..
 
Linda memaparkan, dengan menggunakan NN Marlin, maka nelayan dapat mempersingkat waktu saat menangkap ikan, sehingga produktivitas nelayan akan meningkat.  ”Aplikasi ini, dilengkapi dengan fitur keselamatan, yang dapat digunakan nelayan saat kondisi darurat, dan menunjukkan posisi kapal,” lanjutnya.
 
Peneliti Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh BRIN, Teguh Prayogo sebagai inventor menjelaskan inovasi ini didasarkan pada metode penentuan ZPPI secara otomatis, dengan menggunakan data penginderaan jauh. Dikemas dalam software ZAP (ZPPI Auto Processing) versi 2.0, berbasis desktop.
 
ZAP 2.0, secara otomatis mengolah dan mengirimkan informasi ZPPI ke pengguna, sekitar 1-2 jam dari waktu lintasan satelit. "Cakupan wilayahnya, meliputi seluruh Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) Indonesia yang terbagi dalam 24 Project Area,” bebernya.
 
Ia menyampaikan, ZAP 2.0 menggunakan data Suhu Permukaan Laut (SPL) dari satelit Terra-MODIS, Aqua-MODIS, dan SNPP VIIRS, sebagai data masukan. Metode yang digunakan, yaitu metode Single Image Edge Detection (SIED), dengan nilai ambang batas lebih besar sama dengan 0,5 °C. “Informasi ZPPI bersifat near real time, dengan frekuensi 2-6 kali dalam sehari sesuai lintasan satelit. Selanjutnya, dikirimkan ke pengguna sesuai daerah operasi penangkapannya, melalui email atau FTP,” katanya.
 
Teguh mengutarakan, aplikasi ini tidak terbuka untuk umum, karena memiliki fungsi pengaturan dan pengendalian, serta menghindari konflik di lokasi penangkapan ikan. ”Implementasi inovasi, telah dimanfaatakan di berbagai daerah di Indonesia, seperti: Indramayu, Gorontalo, Demak, Mamuju, dll. Cara penggunaannya, meliputi kegiatan bimtek pengoperasian alat bantu GPS, dan Fishfinder yang ditujukan untuk nelayan, Dinas Perikanan dan Kelautan, serta ujicoba ke lokasi ZPPI,” imbuhnya.
 
Berdasarkan respons balik  dari mereka, efektifitas pemanfaatan inovasi sangat membantu penentuan lokasi. Efisiensi operasi penangkapan ikan saat melaut, menjadi lebih singkat.
 
Hasil tangkapannya diperoleh dalam 1 minggu, sebelumnya diperlukan waktu sampai 2 minggu. Peningkatan hasil tangkapan, serta memudahkan pemantauan illegal fishing.
Baca juga: ITS Luncurkan MEvITS si Mobil Listrik Multiguna, Bisa Angkut Penumpang dan Barang

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif