Ilustrasi alat deteksi tsunami. Foto: Antara/Andika Wahyu
Ilustrasi alat deteksi tsunami. Foto: Antara/Andika Wahyu

BPPT Kembangkan Alat Deteksi Tsunami dengan Kecerdasan Buatan

Pendidikan tsunami kecerdasan buatan Mitigasi Bencana
Muhammad Syahrul Ramadhan • 19 Agustus 2020 21:12
Jakarta: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah mengembangkan Generation 4 Buoy Merah Putih. Ini merupakan alat peringatan dini tsunami yang menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).
 
"Kecerdasan buatan bagian yang tidak terpisahkan untuk melaksakan predictive modeling terhadap gempa dan tsunami di Indonesia," kata Kepala BPPTN Hammam Riza dalam seminar daring, Rabu, 19 Agustus 2020.
 
Ia menjelaskan, Generation 4 Buoy Merah Putih akan dilengkapi dengan new submarine cable based tsunami meter. Alat ini nantinya akan menghubungkan Kalimantan dan Sulawesi, yang merupakan wilayah strategis manakala ibu kota berpindah ke Kalimantan Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Menristek: Indonesia Masih Menyampingkan Riset dan Inovasi
 
"Nanti akan digunakan dalam proses kita mengamankan juga the new capital of Indonesia, ibu kota negara baru, di Kalimantan," jelasnya.
 
Menurut Hammam, Kalimantan dan Sulawesi rentan diguncang gempat berkekuatan besar. Sebab, wilayah itu merupakan jalur Megatrust. "Seperti yang terjadi di Aceh, gempa besar terakhir di Palu Donggala, Sulawesi Tengah," jelasnya.
 
Ia menegaskan, Indonesia penting memiliki alat mitigasi bencana yang mumpuni. Ia meyakini alat ini bakal membuat Indonesia menjadi negara yang lebih tangguh bencana.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif