Menristek Bambang Brodjonegoro di MGN Summit Indonesia 2021
Menristek Bambang Brodjonegoro di MGN Summit Indonesia 2021

Menristek: Pandemi Ajarkan Gaya Baru Mengembangkan Teknologi

Pendidikan inovasi Media Group News Summit Indonesia 2021
Ilham Pratama Putra • 27 Januari 2021 13:40
Jakarta: Menteri Riset Teknologi / Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/Kapala BRIN), Bambang Brodjonegoro menyebut, pandemi covid-19 mampu memberi dorongan kepada percepatan kemajuan teknologi di Indonesia. Banyak lompatan serta kemajuan teknologi di Indonesia yang terjadi selama pandemi.
 
"Pandemi mengajarkan kita untuk gaya hidup baru, dalam pengertian bagaimana kita beraktivitas dan mengembangkan teknologi," kata Bambang dalam Media Grup News Summit Indonesia 2021 yang digelar secara daring, Rabu, 27 Desember 2021.
 
Gaya baru yang dimaksud Bambang utamanya pada digitalisasi ekonomi dari produk teknologi yang diciptakan. Pandemi membuat produk teknologi dihilirisasi dengan model less contact economy, atau penyaluran lewat komunikasi secara digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan mengedepankan less contact economy tadi, supaya kita tidak harus sedikit-sedikit tatap muka tapi bisa disubstitusi dengan aktivitas yang didukung digital," sambung dia.
 
Baca juga:  Sri Mulyani Lebih Pede Hadapi Tantangan Pandemi di 2021
 
Kemudian, inovasi teknologi yang ingin dicapai pun harus didukung dengan regulasi. Regulasi yang disesuaikan dengan kondisi pandemi, kata dia, akan turut mempercepat hilirisasi hasil teknologi.
 
"Untuk mendorong inovasi misalnya, dalam satu produk industri mau tidak mau harus ada regulasi yang memberikan pemihakan kepada produk industri dalam negeri. Dalam bentuk apa? misal pengadaan oleh pemerintah," ungkapnya.
 
Dengan begitu dia berharap, produk inovasi teknologi Indonesia bisa menjadi juara di negeri sendiri, bahkan dapat digunakan secara masif oleh masyarakat Indonesia.
 
"Hingga akhirnya ini menjadi economic solving buat kta semua. Kita harus menciptakan ekosistem sendiri, ada kepercayaan di market kita sendiri," tutupnya.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif