Rektor ITB Reini Wirahadikusumah. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Rektor ITB Reini Wirahadikusumah. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Tak Berlaku Selamanya, Rektor Sebut Hak Swakelola SBM ITB Bisa Dicabut

Ilham Pratama Putra • 25 Maret 2022 14:45
Jakarta: Forum Dosen Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) melayangkan protes terhadap pencabutan swakelola SBM ITB. Sebagian dosen tak setuju Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah, mencabut hak swakelola tersebut.
 
Reini menjelaskan hak swakelola SBM ITB dapat dicabut sewaktu-waktu. Dia menuturkan hak swakelola SBM ITB tercantum pada SK Rektor Nomor 203 Tahun 2003.
 
"SK Rektor pada masa itu dibuat karena melihat situasi SBM ITB saat didirikan," kata Reini dalam RDP Komisi X DPR RI, Kamis, 24 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Reini menjelaskan Rektor ITB pada masa itu ingin memberikan kekhususan pada SBM ITB sebagai fakultas baru. Harapannya, SBM ITB tumbuh cepat.
 
"Diberikan kekhususan pada waktu itu, berbeda dengan sekarang. Kekhususan itu tidak berlaku selamanya melainkan bisa berhenti pada waktu tertentu," ucap dia.
 
Reini menyebut SK Rektor pada 2003 membantu SBM ITB mencari bentuk yang tepat untuk berkembang. Saat ini, status keuangan swakelola otonomi dinilai tidak sesuai dengan Statuta ITB berdasarkan PP Nomor 65 Tahun 2013.
 
Dia menegaskan tidak ada istilah hak kelola otonomi dalam surat resmi. Melainkan, sistem keuangan mandiri yang diatur tersendiri dan swadana.
 
"Kenapa (waktu itu) boleh dananya mencari sponsor secara khusus? Karena untuk keperluan investasi awal. Jadi, sesuatu yang baru diberi fleksibilitas, diberi gerak cepat untuk pendanaan, dan disampaikan oleh ketua MWA (Majelis Wali Amanat) pada masa itu," tutur dia.
 
Reini menyebut saat ini SBM ITB telah berada di posisi baik. Dia menilai kekhususan SBM ITB dapat berakhir dan bisa mengikuti kebijakan pendanaan seperti fakultas lainnya.
 
"Suasananya pada 2000 berbeda dengan sekarang dan itu terbatas, tentunya saat ini kita perlu melakukan pelurusan-pelurusan, apalagi sudah kuat, dan perlu ada integrasi yang lebih baik," papar Reini.
 
Baca: Anggaran Turun, Rektorat Klaim Mutu Pendidikan SBM ITB Tak Menurun
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif