Ilustrasi: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi: MI/Adi Kristiadi

Cuma Ada Tes Skolastik, Apa Alasan SNBT 2023 Hapus Tes Akademik?

Citra Larasati • 13 November 2022 10:10
Jakarta:  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengganti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).  Tidak hanya mengganti nama, Kemendikbudristek juga meniadakan tes akademik dalam tes tulis masuk PTN tersebut dan menggantinya dengan hanya mengujikan tes potensi skolastik saja.
 
Kebijakan ini pun akan diterapkan mulai 2023 atau tahun depan.  Nantinya pada SNBT 2023, calon mahasiswa tidak lagi menjalani ujian tes akademik.

Apa Alasan Tes Akademik Dihapus dari SNBT 2023?

Dilansir dari laman Kelas Pintar, para calon mahasiswa baru pada tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diharuskan mengikuti rangkaian tes dengan skema terbaru. Dalam skema tersebut calon mahasiswa tidak akan menemukan ujian tes akademik.
 
Sebagai gantinya, akan ada tes potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris atau dikenal dengan sebutan tes skolastik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk meningkatkan kemampuan penalaran serta berpikir kritis calon mahasiswa, mulai tahun 2023 seleksi nasional berdasarkan tes tidak lagi mengujikan tes akademik, melainkan diganti dengan tes potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris.
 
Dengan dihapusnya tes potensi akademik, calon mahasiswa dapat berfokus pada logika berpikir dan cara siswa menganalisis suatu problem yang kontekstual. Dengan lebih menekankan pada proses penalaran, diharapkan proses ini jauh lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik, sehingga dapat menghasilkan mahasiswa yang kompeten.
 
Alasan lainnya adalah menyambungkan transformasi, perubahan-perubahan, dinamika-dinamika yang sudah dikembangkan melalui kebijakan Merdeka Belajar dari pendidikan dasar hingga menengah dengan transformasi yang dilakukan di pendidikan tinggi dengan Kampus Merdeka.
Dengan proses penerimaan mahasiswa baru ini para calon peserta seleksi diharapkan bisa lebih fokus pada pembelajaran, penguasaan materi, kemampuan bernalar, kemampuan literasi dan numerasi yang lebih mendalam.
 
Dengan tes pada skema baru ini, calon mahasiswa dapat mengasah kemampuan untuk memanfaatkan pengetahuan di dalam menyelesaikan berbagai permasalahan secara lintas keilmuan nantinya.  Dengan skema baru ini, Kemendikbudristek memberikan kesempatan yang luas bagi calon mahasiswa untuk dapat menempuh pendidikan tinggi sesuai minat dan bakatnya.
 
Calon mahasiswa lebih bebas dalam menentukan program studi pilihannya tanpa merasa dibatasi.  Dengan Tes skolastik, calon mahasiswa sudah dituntut lebih kritis agar menghasilkan lulusan yang kompeten. Terlebih, dengan skema batu masuk PTN berkorelasi kuat dengan kualitas lulusan perguruan tinggi yang mampu bersaing dalam dunia usaha dan dunia industri.
 
Nah setelah Sobat Medcom tahu alasannya, semoga bisa lebih memantapkan persiapan kamu menghadapi SNBT Ya. Meskipun tidak ada lagi Tes Potensi Akademik, bukan berarti tes skolastik mudah, jadi tetap persiapkan dengan matang ya!
Baca juga: Jangan Bingung Hadapi SNBT Bestie! Ini 4 Strategi yang Perlu Kamu Lakukan

 
(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif