Indonesia International Education and Training Expo (IIETE) 2019 diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta, pada 14-17 Februari (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
Indonesia International Education and Training Expo (IIETE) 2019 diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta, pada 14-17 Februari (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

Pameran Pendidikan di JCC Dihadiri Ribuan Pelajar

Pendidikan Pameran Pendidikan
Gervin Nathaniel Purba • 16 Februari 2019 19:29
Jakarta: Ribuan pelajar tampak antusias menghadiri pameran Indonesia International Education and Training Expo (IIETE) 2019 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 16 Februari 2019. Pameran pendidikan ini diselenggarakan pada 14-17 Februari.
 
Pameran yang dilaksanakan berbarengan dengan Indonesia Technologies and Supplies for Education and Professional Training (Edutech Expo) 2019 itu diikuti oleh perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi swasta (PTS), perguruan tinggi kedinasan, militer, lembaga pelatihan/kursus terkemuka, SMK, serta perguruan tinggi dari berbagai negara.
 
IIETE yang kini berusia 28 selalu rutin diadakan setiap tahun. Pada 2019, IIETE diikuti oleh 143 peserta pameran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dijelaskan Wakil Direktur PT Wahyu Promo Citra Satrio S, pameran ini diselenggarakan IIETE bersama Edutech Expo untuk menjawab tantangan sektor pendidikan pada era revolusi industri 4.0. Sektor pendidikan juga perlu beradaptasi agar tidak kalah saing dengan kualitas pendidikan negara lain.
 
"Kualitas pendidikan kita perlu ditingkatkan. Banyak PTN dan PTS yang sudah menangkap peluang itu," ujar Satrio saat ditemui Medcom.id, Sabtu, 16 Februari 2019.
 
Selain pameran, IIETE juga mengadakan seminar nasional untuk peserta didik dan guru terkait dampak digitalisasi terhadap dunia pendidikan. Menurutnya, guru juga menjadi target acara ini demi peningkatan kualitas mengajar.
 
"Era digitalisasi kan maju terus. Jangan sampai peserta didiknya maju, teknolog maju, gurunya tidak. Pameran ini memberikan informasi kepada guru, untuk evaluasi dan menginformasikan kepada mereka teknologi yang berkembang di dunia pendidikan," ujar Satrio.
 
Di samping itu, adanya pameran ini untuk menjembatani peserta didik dalam memberikan informasi mengenai program studi dari berbagai PTS dan PTN. Hal ini menjadi keuntungan bagi PTS dan PTN agar tidak sulit mencari mahasiswa baru.
 
Satrio menargetkan 30 ribu lebih pengunjung selama empat hari pelaksanaan. Untuk mencapai target, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyediakan bus untuk menjemput peserta didik ke sekolah dan mengantarkan ke JCC.
 
"Kami menjemput siswa dengan menyediakan 400 bus menjemput ke 400 sekolah. Masing-masing bus 60 kursi. Belum lagi ada tambahan masyarakat umum," ujarnya.
 
Seminar nasional pada IIETE dan Edutech Expo merupakan hasil kolabrasi dengan Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi (Pustekom) Kemendikbud, Asosiasi Dosen Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia, dan Kemenristekdikti.
 
"Adanya pameran ini diharapkan PTN/PTS lebih mudah dalam merekrut mahasiswa baru," ucapnya.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif