Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) 2018

Beasiswa OSC Ditantang Akomodir Siswa Berprestasi Nonakademik

Siti Yona Hukmana 08 Agustus 2018 14:19 WIB
beasiswa osc
Beasiswa OSC Ditantang Akomodir Siswa Berprestasi Nonakademik
Direktur Utama Metro TV Suryopratomo, Medcom.id/Citra Larasati.
Jakarta:Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) ditantang untuk mempertimbangkan pengembangan kriteria penerima beasiswa.  Tidak lagi hanya sebatas kriteria akademik, melainkan juga kesempatan mendaftar bagi siswa yang memiliki prestasi nonakademik seperti di bidang olahraga, kesenian dan lainnya.

Direktur Utama Metro TV Suryopratomo menantang Medcom.id sebagai pengelola beasiswa OSC untuk membuka akses yang lebih luas lagi terhadap siswa-siswi Indonesia yang memiliki prestasi nonakademik.


“Anak itu banyak yang memiliki potensi di bidang lain, misalnya kesenian, olahraga. Kalau tidak diberikan tempat, kemudian mereka tidak akan menjadi aset yang optimal, tidak akan menjadi seniman yang hebat misalnya. Nah, mengapa tidak beasiswa OSC ini ke depannya juga mempertimbangkan hal seperti itu,” tantang Suryopratomo kepada Medcom.idusai menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahamanan antara Medcom.iddengan 17 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pemberi beasiswa OSC, di Studio Grand Metro TV, Jakarta Barat, Rabu, 8 Agustus 2018.

Untuk diketahui, pada Rabu, 8 Agustus 2018 menjadi hari bersejarah bagi perjalanan empat tahun program Beasiswa OSC yang diinisiasi oleh portal berita dan video Medcom.id. Telah ditandatangani MoU (Memorandum of understanding) antara Medcom.id dengan 17 PTS pemberi beasiswa di program OSC 2018.

Baca: Kemendikbud: Beasiswa OSC Medcom.id Program Mulia

Penandatanganan MoU disaksikan langsung oleh Direktur Utama Metro TV, Suryopratomo, Executive Vice PresidentMedia Group, Mohammad Mirdal Akib, Pemimpin Redaksi Medcom.id, Abdul Kohar, Wakil Pemred Medcom.id, Khudori, dan GM Sales dan Marketing Medcom.id, Avi Pranantha.  Beasiswa OSC 2018 ini akan resmi diluncurkan pada 30 Agustus 2018. 

Selain dua bidang itu, ia juga ingin OSC ke depannya dapat memperkuat fokus beasiswa di bidang-bidang STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics).  Sebab menurutnya, siswa yang meminati bidang STEM di perguruan tinggi sangat minim.

Padahal di masa mendatang, kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai STEM sangat tinggi.  “Jumlah sarjana kita yang basic teknik itu hanya 19 persen. Jumlah itu belum mencukupi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara industri,” ungkap Pria yang akrab disapa Tomi itu.

Menurut Suryopratomo, memperbanyak lulusan teknik di Indonesia merupakan modal bagi Indonesia untuk naik kelas menjadi negara industri.  “Kita memang harus bergegas untuk persiapan Indonesia di 2045. Kita akan membangun generasi yang maju berkembang, memiliki pendidikan yang tinggi, membawa orang dari kegelapan menuju ke sesuatu yang lebih terang mulai dari sekarang,” pungkas Suryopratomo.

Untuk diketahui, OSC adalah Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh portal berita dan video Medcom.id.   Beasiswa OSC ke-4 yang akan diluncurkan pada 30 Agustus 2018 ini hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra putri Indonesia agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1, dengan menggunakan beasiswa yang diberikan perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan OSC.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id