Ilustrasi kuliah. Medcom
Ilustrasi kuliah. Medcom

4 Indikator Jurusan Kuliah Gampang Cari Kerja

Renatha Swasty • 21 November 2022 20:41
Jakarta: Memilih jurusan kuliah tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi, bila Sobat Medcom masih kebingungan dengan passion sendiri.
 
Pemilihan jurusan kuliah juga tak bisa asal. Hal itu agar saat mencari kerja mudah dan peluang diterima lebih besar.
 
Sejumlah jurusan kuliah juga memiliki peluang lebih besar menerima pelamar lantaran sangat dibutuhkan. Sobat Medcom yang tengah mencari kuliah untuk mudah mencari kerja, berikut empat indikator jurusan kuliah gampang cari kerja:
  1. Jarang ada orang yang ahli di bidang / jurusan tersebut
  2. Gaji tinggi
  3. Dicari dan mudah masuk ke BUMN/organisasi pemerintahan
  4. Tidak dibutuhkan edukasi lanjutan saat bekerja
Nah, empat indikator tersebut adalah ciri-ciri jurusan kuliahnya termasuk kategori gampang cari kerja setelah lulus. Tapi, ini lima yang perlu dilakukan sebelum mulai kuliah:
  1. Apakah ada posisi yang kamu minati secara pribadi?
  2. Apakah kamu memiliki bakat/bakat untuk pekerjaan itu?
  3. Berapa banyak waktu yang dapat kamu curahkan untuk belajar?
  4. Apa rencanamu setelah lulus?
  5. Berapa banyak yang bisa saya hasilkan dengan jurusan ini?
Sebagai pertimbangan, ini 10 daftar jurusan kuliah yang gampang cari kerja:

1. Software Engineer/IT

Ternyata oleh semua jurusan kuliah. Jurusan IT adalah yang paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Sebab, saat ini semuanya serba digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemajuan teknologi juga sangat pesat. Oleh karena itu, kehadiran dan layanan lulusan IT sangat diminati di banyak perusahaan. Setelah lulus, Anda dapat bekerja di perusahaan yang menyediakan layanan pemrograman perangkat lunak. Atau pabrik atau perusahaan dagang yang menyediakan dan memelihara aplikasi dan perangkat lunak untuk penggunaan internal. Oleh karena itu, lulusan IT sangat diminati. Dan itu diperlukan dalam semua jenis bisnis perusahaan.

2. Jurusan Teknik Elektro

Selain itu, ada Fakultas Teknik Elektro yang ilmunya sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan peradaban manusia. Tuntutan ilmu dari sektor ini jelas dibutuhkan bahkan hingga saat ini.
 
Siswa belajar tidak hanya listrik, tetapi juga telekomunikasi. Tanpa lulusan di bidang ini, perkembangan internet dan teknologi komunikasi mungkin tidak akan sesukses seperti sekarang ini.

3. Jurusan Desain

Lulusan desain, seperti Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, dan Desain Interior, sangat diminati. Kreativitas dan kemampuan Anda dalam menggunakan teknologi dapat menarik minat masyarakat luas. Selain itu, ada juga departemen desain busana kreatif. Siapa pun yang tertarik dengan industri fashion harus mempertimbangkan jurusan ini.

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Sarjana komunikasi memiliki bekal dan kemampuan dalam menulis serta berbicara di depan umum. Kemampuan mereka berbeda dengan orang yang tidak mendalami ilmu komunikasi. Peluang karir yang bisa diambil misalnya sebagai PR (public relations), Brand Ambassador, Marketing, Penulis, Juru Bicara, Jurnalis, Penyiar, Presenter, dll.

5. Jurusan Akuntansi

Mencatat dan melaporkan keuangan perusahaan bukanlah hal sederhana. Banyak aturan dan standar-standar yang harus dipenuhi agar laporannya valid serta bisa dipertanggungjawabkan. Sarjana akuntansi apalagi yang dibekali dengan keahlian perpajakan akan selalu dicari oleh banyak perusahaan, baik itu di Indonesia maupun luar negeri.
 
Lulusan ini mudah mencari kerja karena kemampuan akuntan selalu dibutuhkan semua perusahaan di berbagai bidang. Karier lulusan ini cukup mudah didapatkan, di antaranya bisa menjadi auditor internal, akuntan publik, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

6. Jurusan Teknik Komputer

Sarjana ilmu sistem komputer harus memiliki keahlian dalam bidang fisika, matematika, ilmu komputer baik itu hardware dan software. Lulusan sistem komputer juga jadi yang banyak sekali dicari terkait dengan perkembangan teknologi saat ini.

7. Bahasa dan Sastra

Berkembangnya dunia content creator hari ini, membuat posisi lulusan bahasa dan sastra juga semakin dicari. Pekerjaan sebagai copywriter, content writer saat ini banyak tersedia. Biasanya kualifikasi yang dipersyaratkan yakni lulusan jurusan Bahasa dan Sastra.

8. Jurusan Kedokteran, Keperawatan, dan Farmasi

Selama masih ada manusia di bumi, akan selalu ada tenaga medis. Oleh karena itu, fakultas kedokteran merupakan salah satu jurusan keluarga ilmu pengetahuan dan teknologi yang banyak diminati oleh mahasiswa IPA.
 
Prospek pekerjaan dari jurusan ini cukup menjanjikan dan diminati dimana saja dan kapan saja. Jadi jika kamu jago materi sains seperti biologi, jangan ragu untuk memilih jurusan ini. Terlebih kondisi pasca pandemi, teanga medis semakin banyak dibutuhkan oleh publik.

9. Jurusan Statistika

Departemen Statistik mempersiapkan siswa untuk karier di bidang statistik, keuangan, dan banyak bidang bisnis lainnya. Baik bisnis maupun administrasi membutuhkan orang-orang dengan keterampilan statistik! Diperlukan untuk penelitian, analisis, dan evaluasi proyek. Karena itu, jurusan statistika perguruan tinggi adalah pilihan yang mudah untuk mencari pekerjaan.

10. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Departemen Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan departemen yang cukup baru di Indonesia. Pembentukan jurusan ini menunjukkan perlunya orang-orang berbakat untuk mengembangkan integrasi robotika dan kecerdasan buatan. Jadi, apakah Anda ingin menjadi salah satu SDM yang kompeten?
 
Itulah indikator jurusan yang gampang cari kuliah dan 10 jurusan kuliah yang gampang cari kerja di era 4.0. Sesungguhnya semua jurusan memiliki potensi untuk cepat mendapatkan pekerjaan. Semua tergantung keuletan kamu selama belajar dan meningkatkan kapasitas diri selain ilmu jurusanmu. Pastikan juga kamu menjalin networking agar ketika lulus memiliki banyak koneksi pekerjaan.
 
Baca juga: Mau Meniti Karier ke Luar Negeri? Simak Dulu 5 Tips Ini Supaya Enggak Cuma Jadi Mimpi

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif