Ilustrasi pendaftaran. Medcom
Ilustrasi pendaftaran. Medcom

Simak, Hal Penting Terkait Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Jalur Nilai Rapor untuk Vokasi

Medcom • 09 Agustus 2022 11:21
Jakarta: Universitas Brawijaya (UB) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru seleksi mandiri jalur rapot gelombang II. Pembukaan pendaftaran untuk fakultas vokasi (D3).
 
Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) Vokasi (Diploma III) merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan mandiri oleh Universitas Brawijaya. Seleksi ini berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan.
 
Penerimaan dari jalur SMUB bisa melalui dua jalur, yaitu SMA/MA dan SMK. Khusus untuk siswa SMK yang memiliki prestasi di bidang minat dan keterampilan tertentu akan lebih diprioritaskan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum mendaftar, calon mahasiswa bisa memastikan untuk melihat indeks program studi terlebih dahulu. Mengutip akun Instagram @univ.brawijaya, berikut persyaratan umum, persyaratan program studi, jadwal penting, data nilai yang diperlukan, serta mekanisme pendaftaran SMUB Vokasi:

Persyaratan Umum

  1. Warga negara Indonesia (WNI)
  2. Lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat tahun 2020, 2021 dan 2022; Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah; Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dan/atau Ijazah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto terbaru yang bersangkutan (stempel terkena foto)
  3. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD
  4. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) Sekolah
  5. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya

Persyaratan program studi

  1. Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada:
  2. Kelompok Vokasi Diploma III
  3. Khusus bagi pendaftar yang memilih Program Studi Diploma III Keuangan Perbankan – Bidang Minat Perbankan, terdapat tambahan persyaratan sebagai berikut:
  • Tinggi badan perempuan minimal 160 cm, laki-laki minimal 165 cm. Berat badan proporsional
  • Ramah, komunikatif, bahasa tubuh dan bahasa verbal baik
  • Mengirimkan pas foto berwarna ukuran 4×6, foto seluruh badan ukuran postcard (harus terlihat dari atas kepala hingga kaki), diunggah pada laman pendaftaran, dan video perkenalan diri full body (bisa dengan format TikTok) tentang latar belakang pendidikan, keluarga, motivasi dll. Menggunakan pakaian formal yaitu untuk laki-laki (kemeja, dan jas), untuk perempuan (kemeja, dan blazer), dengan durasi maksimum satu (1) menit. Video diunggah pada menu pendaftaran online/menu pemberkasan.

 Jadwal penting

  1. Pembayaran biaya pendaftaran jalur nilai rapor: 8 Agustus 2022 (pukul 13.00 WIB) sampai dengan 10 Agustus 2022 (pukul 18.00 WIB)
  2. Pengisian data nilai rapor dan finalisasi: 8 Agustus 2022 (jam 13.00 WIB) sampai dengan 10 Agustus 2022 (pukul 23.59 WIB)
  3. Pengumuman hasil seleksi: 11 Agustus 2022 (pukul 18.00 WIB)

Biaya pendaftaran

  1. Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UB 2022 Jalur Vokasu Gelombang II sebesar Rp350 ribu
  2. Pembayaran yang sudah dilakukan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun
  3. Pastikan persyaratan program studi sebelum melakukan pembayaran di Bank
  4. Biaya pendidikan dan pendaftaran belum dapat menggunakan KIP-K

Data nilai rapor yang diperlukan

  1. Mengisi nilai rapor pada bagian pengetahuan dengan ketentuan sebagai berikut: Nilai mata pelajaran Matematika (Mapel Wajib), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (Mapel Wajib) dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan/jurusan/kompetensi
  2. Nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester dengan ketentuan sebagai berikut
  • Kelas reguler mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 (semester 3, 4, dan 5)
  • Kelas akselerasi 4 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2, kelas XI semester 1 (semester 1, 2 dan 3) jika punya nilai 6 semester ketentuan sama dengan reguler
  • Kelas akselerasi 6 semester (2 tahun) mengunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2 (semester 3, 4, dan 5)

 Mekanisme pendaftaran

  1. Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id, bagi yang sudah punya akun dapat digunakan untuk pendaftaran jalur vokasi
  2. Memilih SMPV Jalur Rapor Gelombang II Tahun 2022 pada halaman dashboard
  3. Melakukan pengisian data Nomor NISN dan NPSN
  4. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan Kode Pembayaran
  5. Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui BNI, Bank Mandiri, atau BRI seluruh Indonesia dengan menyertakan Kode Pembayaran (13 digit) yang berlaku juga sebagai NIM/Nomor Pendaftaran sementara
  6. Harap mengikuti cara pembayaran. Daftar bank pembayaran, yakni BNI, Bank Mandiri, dan BRI
  7. Melakukan konfirmasi pembayaran secara mandiri/Sendiri dengan Pilih tanggal bayar, input Rp350 ribu. Pilih Bank untuk bayar dan Konfirmasi Pembayaran tanpa harus menunggu jika sukses pembayaran Saudara dan kemudian mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id
  8. Memilih satu (1) program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin II;
  9. Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut: Foto diri sesuai ketentuan (Ukuran 3×4 berwarna background bebas); Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK); Berkas-berkas Rapor sesuai data akademik SLTA yang diisikan pada berkas tiga sampai lima; Sertifikat prestasi unggul (tiga prestasi terbaik) di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan saat menempuh Pendidikan SMA/MA/SMK (jika ada prestasi yang diisikan pada isian prestasi); Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III); Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III); Tingkat Regional/Propinsi/Kota/Kabupaten (Juara I, Juara II, Juara III); Hafizh Al-Quran (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz)
  10. Menyetujui pernyataan isian data dan melakukan finalisasi pendaftaran
  11. Mencetak kartu peserta seleksi
Itulah persyaratan umum, persyaratan program studi, jadwal penting, data nilai yang diperlukan, serta mekanisme pendaftaran SMUB Vokasi. Sobat Medcom dapat memantau laman https://selma.ub.ac.id untuk pengumuman maupun perubahan jadwal. Adapun bila masih ada pertanyaan bisa melalui HALO SELMA https://haloselma.ub.ac.id. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 
Baca juga: Tak Hanya Good Looking Calon Mahasiswa Perbankan Vokasi UB Harus Smart

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif