Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf. Foto: Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf. Foto: Tangkapan layar. Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Pemuda Saat Ini Potensial Sukses Lebih Awal, Kuncinya Pemanfaatan Teknologi

Pendidikan teknologi Wirausaha generasi milenial Generasi Merdeka Digitalisasi Pendidikan Generasi Muda
Ilham Pratama Putra • 11 November 2021 14:02
Jakarta: Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf mengatakan anak muda saat ini dapat lebih cepat berkembang, karena difasilitasi teknologi. Beda dengan generasi muda terdahulu.
 
"Pemuda hari ini cukup dengan dua sampai lima tahun dia bisa maju," kata Dede dalam Podcast Dikti Menyapa, Menjadi Pahlawan Muda Era Digital Melalui Kampus Merdeka, dikutip Kamis, 11 November 2021.
 
Ia mengatakan, generasi muda terdahulu rata-rata baru bisa mencapai kesuksesan di usia 40 tahun ke atas. Saat ini, anak muda usia 25 tahun bisa jadi CEO. "Di 19 tahun bahkan sudah ada yang jadi enterpreneur," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Wapres Minta Kampus Dongkrak Literasi Ekonomi Syariah
 
Menurut dia, keberhasilan amat bisa diraih pemuda yang memanfaatkan percepatan teknologi. Dengan begitu, pemuda harus getol mencari informasi dari berbagai sumber dengan memanfaatkan teknologi.
 
"Ketika saya kuliah, kita sangat bergantung pada guru dan buku. Tapi sekarang anak-anak beruntung punya Google. Artinya percepatan mahasiswa untuk mendapat informasi itu tidak terbatas, dia bisa tahu apa saja, kapan saja. Pertanyaannya maukah dia mencari?," tambah dia.
 
Dede menekankan, pemuda tak boleh kalah cepat dengan perkembangan teknologi yang ada. Kemampuan literasi digital pun mesti dipupuk.
 
"Yang perlu dilakukan anak muda untuk itu pertahankan sikap kritis dan evaluasi. Kita harus menyaring terhadap konten yang kita butuhkan," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif