Anggota BSNP, Doni Koesoema (tengah). Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Anggota BSNP, Doni Koesoema (tengah). Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

BSNP Sinkronisasi SNP dengan Merdeka Belajar

Pendidikan Kebijakan pendidikan Merdeka Belajar
Muhammad Syahrul Ramadhan • 03 Februari 2020 13:42
Jakarta:Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tengah melakukan penyelarasan atau sinkronisasi antara Standar Nasional Pendidikan dengan program 'Merdeka Belajar'. Sebelumnya, BSNP sudah melakukan revisi pada delapan SNP.
 
"Sekarang kan tinggal finalisasi karena ada perubahan kebijakan 'Merdeka Belajar', maka kami perlu menyesuaikan diri," jelas Anggota BSNP, Doni Koesoema di Gedung Kemendikbud, Jakarta Pusat, Senin, 3 Februari 2020.
 
Doni menjelaskan, salah satunya soal standar pendidikannya yang di dalamnya ada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Seperti yang disampaikan Nadiem beberapa waktu lalu, bahwa RPP dalam Merdeka Belajar akan disederhanakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian standar isi bagaimana nanti ke depan. Jadi kami memang sedang mempersiapkan beberapa hal yang memang kita selaraskan dengan visi merdeka belajar itu," jelasnya.
 
Doni juga mengungkapkan, dalam pertemuan dengan Nadiem hari ini, Senin, 3 Februari 2020, ia mendapatkan penjelasan mengenai konsep menyeluruh dari Merdeka Belajar.
 
Nadiem, kata Doni, menjelaskan bahwa belajar harus merdeka. Guru pun harus bisa mandiri mengembangkan pembelajaran, begitu juga dengan sekolah.
 
Doni juga menyampaikan, saat ini semua sedang dipersiapkan, termasuk Ujian Sekolah dan Asesmen Kompetensi Minimum. "Mas menteri menjelaskan bahwa semua sedang dipersiapkan jadi enggak perlu khawatir. Mas menteri mengatakan dalam proses perubahan memang ada kebingungan, kegalauan," ujarnya.
 
Sebelumnya,Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menetapkan empat program pokok kebijakan pendidikan bertajuk “Merdeka Belajar”. Empat kebijakan ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),
 
Program tersebut meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis Zonasi.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif