Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Badan Bahasa Luncurkan Sipebi, Aplikasi Penyuntingan Ejaan Otomatis

Ilham Pratama Putra • 28 Desember 2021 20:39
Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan aplikasi penyuntingan ejaan bahasa Indonesia otomatis. Aplikasi itu diberi nama Sipebi.
 
"Aplikasi ini bersifat luring mudah alih atau portabel yang berfungsi untuk melakukan perbaikan atau penyuntingan teks bahasa Indonesia secara otomatis," ujar Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa, 28 Desember 2021.
 
Aplikasi Sipebi dapat diunduh lewat laman ini. Aplikasi ini baru bisa digunakan lewat sistem operasi windows.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemendikbudristek: Vaksin Ditetapkan Sebagai 'Kata Tahun Ini'
 
Aminudin menjelaskan, saat ini Sipebi masih memiliki banyak keterbatasan. Oleh karena itu pihaknya masih akan terus mengembangkan aplikasi tersebut.
 
"Oleh karena itu, Badan Bahasa sangat terbuka dalam menerima masukan dan saran dari masyarakat pengguna Sipebi untuk dalam upaya penyempurnaan produk ini di masa yang akan datang," tuturnya.
 
Aplikasi ini menggunakan pangkalan data KBBI termutakhir. Ia memastikan ejaan otomatis itu berasal dari masukan para ahli bahasa sebagai basis datanya.
 
"Ini sebagai salah satu wujud komitmen Badan Bahasa untuk memartabatkan bahasa Indonesia melalui sosialisasi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar," tutupnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif