Rektor Universitas Muhammadiyah Hamka (Uhamka), Gunawan Suryopitro. Medcom.id/
Rektor Universitas Muhammadiyah Hamka (Uhamka), Gunawan Suryopitro. Medcom.id/

Kemampuan Dosen Jadi Kunci Digitalisasi Kampus

Pendidikan pendidikan teknologi Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Digitalisasi Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 18 April 2022 18:37
Jakarta: Rektor Universitas Muhammadiyah Hamka (Uhamka), Gunawan Suryopitro, mengatakan perkembangan teknologi digital harus direspons cepat oleh kampus. Kemampuan dosen menjadi kunci ketika kampus semakin dekat dengan digitalisasi.
 
"Perkembangan teknologi digital memang harus direspons cepat oleh kampus. Di antaranya adalah dengan meningkatkan skill dan kompetensi dosen serta seluruh stafnya," kata Gunawan dalam International Virtual Short Course Uhamka, New Media and Digital Culture in Southeast Asia, Senin, 18 April 2022.
 
Selain itu, kampus juga harus membangun inovasi untuk mendukung penerapan kehidupan berbasis digital. Gunawan menuturkan teknologi digital telah mengubah kebiasaan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mulai dari kebiasaan menonton TV hingga membaca majalah. Orang bisa maju karena teknologi. Ini tantangan bagi kita semua untuk dapat melakukan penyesuaian diri dan perguruan tinggi," ungkap dia.
 
Perguruan tinggi, kata dia, dapat memberikan inspirasi setelah mampu mengadopsi teknologi. Sebab, digitalisasi kampus sangat diperlukan.
 
Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Hidayatullah menuturkan revolusi industri berjalan begitu cepat. Setelah ada penemuan komputer, perkembangan teknologi digital terus mengalir.
 
Kondisi ini membawa peluang dan tantangan di seluruh lini kehidupan. Tak terkecuali di lingkungan perguruan tinggi.
 
“Ini menjadi tantangan kita semua. Termasuk tantangan perguruan tinggi,” tutur dia.
 
Hidayatullah mengatakan tantangan pertama bagi kampus ialah mempersiapkan lulusan dengan pekerjaan baru yang akan muncul. Kampus harus mulai memikirkan untuk membuka prodi yang sekiranya relevan dengan masa depan.
 
“Prodi-prodi yang mampu menghadirkan learning inspiring, yang memicu lulusan untuk siap bersaing,” tutur dia.
 
Baca:
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif